Milk Lovers pernah coba susu kambing? Rasa susu kambing nggak kalah gurihnya dengan susu sapi, tetapi masih kalah dari segi popularitas dengan susu sapi. Ini karena aroma susu kambing lebih kuat dibanding susu sapi atau susu kedelai sehingga banyak orang yang nggak selera untuk mengonsumsinya. Padahal susu kambing sangat menyehatkan, bahkan ada yang bilang khasiatnya hampir menyerupai ASI. Susu kambing juga lebih mudah dicerna dan diserap oleh  tubuh karena partikel lemaknya yang lebih kecil. Kamu yang punya alergi dengan laktosa atau lactose intolerant bisa coba minum susu kambing karena kandungan laktosanya lebih rendah. Berikut adalah macam-macam kambing yang banyak diambil susunya untuk dikonsumsi.

Kambing etawa

Kambing satu ini sudah sangat populer di Indonesia dan banyak didistribusikan. Kambing etawa sendiri asalnya dari India yang juga disebut dengan kambing Jamnapari. Jenis kambing ini sangat populer di Indonesia karena kandungan gizinya yang melimpah. Susu kambing etawa mengandung fosfor, kalsium, sodium, flourin, dan masih banyak lainnya. Nggak cuma bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti asma dan TBC, tetapi susu kambing etawa juga bisa berkhasiat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan juga untuk kecantikan kulit. Ibu hamil dan menyusui juga lebih aman mengkonsumsi susu kambing daripada susu sapi.

Kambing Nigerian dwarf

Sesuai dengan namanya, kambing ini punya ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya sekitar 18 inchi atau hanya 47 cm saja. Tetapi meski ukurannya yang mungil, kambing ini bisa memproduksi susu setiap harinya 1 sampai 2 liter per harinya, jumlah yang cukup banyak untuk kambing seukurannya. Nigerian dwarf lebih populer di negara-negara Eropa dan Amerika terutama untuk diternakkan di peternakan kecil. Kambing ini mengandung sekitar 6% butterfat atau lemak susu sehingga teksturnya creamy dan lembut sehingga banyak dimanfaatkan untuk membuat eskrim, keju, dan yogurt.

Kambing Nubian

Susu kambing Nubian merupakan susu kambing yang paling populer di negara Barat. Kandungan butterfatnya cukup tinggi yaitu sekitar 5% sehingga banyak dimanfaatkan untuk membuat produk susu. Ditambah dengan ukurannya yang cukup besar sehingga produksi susunya pun lumayan banyak yaitu sebanyak 1 sampai 2 galon susu setiap hari. Kambing Nubian sendiri merupakan peranakan yang unik dan mulai dikembangkan di Inggris pada tahun 1800-an.

Kambing LaMancha

Banyak orang yang mengira kalau kambing LaMancha berasal dari Amerika, padahal kambing unik ini berasal dari Spanyol. Kambing ini terbilang unik dan berbeda dari saudara-saudara kambing penghasil susu lainnya karena ia nyaris nggak punya daun telinga, meski pendengarannya cukup baik. LaMancha termasuk salah satu jenis kambing yang menjadi favorit karena bisa menghasilkan banyak susu dalam sehari. Rasa susu yang dihasilkan pun sangat gurih dan lebih solid.