Mengingat puasa mengharuskan Milk Lovers hanya bisa makan dan minum sejak jam berbuka puasa sampai sahur, maka memilih makanan yang pas untuk dikonsumsi sangatlah penting untuk dipertimbangkan, sehingga asupan nutrisi harian tetap dapat terjaga, sementara tubuh tetap berenergi ketika beraktivitas dari pagi sampai jam berbuka puasa.

Manfaat Susu untuk Menu Sahur

Konsumsi makanan bernutrisi dengan porsi yang pas dan gizi berimbang adalah keharusan, baik itu pada jam berbuka puasa maupun saat sahur. Karena itu, seimbangkan jumlah karbohidrat, protein nabati maupun hewani, mineral, dan vitamin lewat kombinasi berbagai jenis bahan makanan. Nutrisi lengkap dan baik sangat penting untuk menjaga tubuh tetap segar, bugar, dan berenergi, terutama nutrisi makanan saat sahur.

Nah, Milk Lovers juga bisa menambah nutrisi dengan mengonsumsi segelas susu ketika sahur. Karena kandungan protein yang ada di dalamnya, segelas susu tersebut pun bisa membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Apalagi, minum susu pada dasarnya memang menyehatkan karena dapat menunjang kesehatan tulang.

Akan tetapi, apakah menjaga kekuatan tulang adalah satu-satunya manfaat yang bisa Milk Lovers peroleh dengan mengonsumsi susu secara teratur? Tentu saja tidak. Dengan segelas susu setiap jam sahur saat berpuasa, Milk Lovers pun bisa merasakan manfaat dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Sebab, selain mampu membantu tubuh terjaga asupan cairannya, susu pun punya kandungan sejumlah vitamin dan kalsium yang bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk saat berpuasa. Dengan begitu, Milk Lovers pun tak perlu cemas harus jatuh sakit karena kondisi badan yang menurun kesehatannya lantaran harus tetap beraktivitas seperti biasanya saat menjalankan ibadah puasa.

Manfaat Minum Susu Saat Berbuka Puasa

Hanya saja, untuk bisa merasakan manfaat susu serta segala nutrisi baik yang terkandung di dalamnnya secara maksimal, Milk Lovers dianjurkan untuk mengonsumsi minuman ini bukan hanya waktu sahur, tapi juga ketika berbuka puasa. Hal ini dikarenakan efek atau manfaat yang berbeda yang dapat tubuh Milk Lovers rasakan dari manfaat susu yang dikonsumsi saat sahur.

Jika segelas susu di jam sahur akan bantu memberikan asupan energi bagi tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari, segelas susu di jam berbuka puasa akan bantu tubuh kembalikan energi. Atau, Milk Lovers bisa pilih untuk konsumsi segelas susu di malam hari sebelum tidur agar Milk Lovers bisa tidur lebih nyenyak.

Hal tersebut dikarenakan efek menenangkan yang dapat susu berikan. Efek menenangkan tersebut dikarenakan adanya kandungan asam amino tryptophan yang berfungsi sebagai precursor untuk neurotransmitter hormon serotonin, yang memberikan sifat atau efek menenangkan. Ketika tubuh Milk Lovers merasa tenang, rasa kantuk pun akan perlahan muncul. Karena itulah kalau Milk Lovers merasa sulit tidur di malam hari ketika berpuasa, minum segelas susu bisa jadi solusinya.