Susu merupakan minuman alami dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Dari mulai kalsium, protein, lemak, vitamin dan sejumlah nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, semuanya ada. Dengan kata lain, susu merupakan minuman dengan kandungan nutrisi yang nyaris sempurna.

Apakah bisa susu menggantikan seluruh makanan yang kita konsumsi sehari-hari?

Tentu saja tidak. Walaupun kandungan gizinya terbilang sempurna, tapi susu tidak bisa dijadikan makanan pokok atau bahkan satu-satunya makanan yang kita konsumsi setiap hari. Pasalnya, komposisi nutrisi dalam susu tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Sama seperti seorang striker yang dipaksa untuk jadi penjaga gawang, atau jadi satu-satunya pemain di lapangan karena statusnya sebagai pemain terbaik dunia. Jelas ini salah, karena fungsi utama susu hanya sebagai penyempurna dari komposisi makanan yang dibutuhkan tubuh.

Dengan kata lain, susu tetap butuh bantuan dari protein lainnya yang bersumber dari daging atau kacang-kacangan, tetap butuh serat yang bersumber dari sayuran dan pasti buruh vitamin juga yang bersumber dari buah-buahan. Dengan begitu, baru formasi ini bisa dikatakan ideal.

Butuh susu setiap hari

Terlepas dari tidak bisanya susu dijadikan makanan tunggal bagi kebutuhan manusia, kita tetap membutuhkan susu sebagai minuman untuk menyempurnakan kebutuhan gizi harian kita. pasalnya, ada beberapa nutrisi yang hanya bisa dicukupi dengan hanya konsumsi susu saja.

Susu sendiri merupakan minuman yang padat gizi dan menjadi sumber energi serta zat gizi makro dan juga mikro. Para pakar gizi dari Amerika Serikat menyebutkan jika susu mengandung high quality protein yang efektif  memberikan asam amino esensial cukup lengkap.

Tidak hanya susu saja, kita pun direkomendasikan untuk mengonsumsi beberapa produk olahan susu, contohnya saja keju dan yoghurt. Kedua produk turunan susu tersebut memberikan kontribusi cukup besar untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, terutama terkait masalah kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, seperti dilansir dalam livingstrong, dalam susu terkandung banyak mineral penting lainnya, seperti kalsium, zinc, fosfor, magnesium dan vitamin A yang sangat dibutuhkan tubuh. Kalsium sendiri merupakan kandungan utama susu yang berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi.

Sedangkan fosfor dalam susu berfungsi untuk memaksimalkan pembentukan tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Dengan konsumsi minimalnya 2 gelas susu per hari, kamu dikategorikan sudah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan sempurna.

Kalau kamu bagaimana Milks Lovers, bisanya berapa gelas susu yang kamu konsumsi tiap hari?