Belakangan ini banyak orang yang mulai mengonsumsi susu segar mentah atau yang dikenal dengan istilah raw milk. Bahkan sejumlah peternakan pemerah susu sapi kini sudah mulai menyediakan tur memerah susu, dan langsung menikmatinya di tempat.

Apakah susu segar mentah aman untuk dikonsumsi?

Susu mentah atau raw milk dianggap berbahaya karena melompati rantai proses sterilisasi. Salah satu proses sterilisasi susu yang paling dikenal dan dianggap paling efektif untuk mempertahankan kemurnian susu adalah, proses UHT (Ultra High Temperature). 

Proses ini menggunakan energi panas dalam suhu yang sangat tinggi, tapi dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Proses inilah yang membuat susu UHT mampu mempertahankan aroma dan kandungan nutrisi dari susu mentah, tapi aman dari bakteri, spora, dan jamur karena proses pemanasan yang tinggi.

Terkait susu mentah, Food and Drug Administration (FDA) dan United States Centers for Disesase Control and Prevention (CDC) sepakat untuk melarang masyarakat agar tidak mengonsumsi susu mentah.

Alasannya, susu mentah masih mengandung spora, jamur dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan menurut laporannya dari CDC, sekitar 80 wabah penyakit terdapat dalam susu mentah, dan sekitar 1.000 orang mengalami masalah keracunan susu dalam kurun waktu tahun 2007-2012.

Menurut CDC, wabah penyakit tersebut umumnya disebabkan karena serangan bakteri listeria, E-coli, dan salmonella. Beberapa pasien yang terkena bakteri tersebut mengalami masalah pencernaan parah, dan bahkan beberapa kasus sampai menimbulkan korban jiwa.

Kelly Morrow, pakar nutrisi, sekaligus profesor dari Bastyr University dan Bastyr Center for Natural Health, menyebut jika orang-orang yang mengonsumsi susu mentah pada dasarnya sedang bermain rolet dengan kehidupannya. Buruknya, mereka mempertaruhkan nyawa hanya demi mengikuti tren raw milk.

Menurut Kelly, beberapa orang dewasa mungkin bisa bertahan hidup karena sistem kekebalan tubuh mereka masih sangat kuat, tapi bagi anak-anak, jelas ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan masalah kesehatan akut dan kematian.

Sementara bagi ibu hamil, konsumsi susu mentah jelas sangat berbahaya karena bisa menyebabkan keguguran dan masalah keracunan janin. Untuk itu, konsumsi susu mentah sangat tidak disarankan. Demi kesehatan dan masa depan, sebaiknya Anda konsumsi susu yang sudah melalui proses sterilisasi seperti susu UHT saja.