Susu memang mangandung lemak. Karena kandungan lemaknya inilah banyak orang yang akhirnya mengasumsikan jika minum susu bisa menyebabkan kolesterol naik.  Milk Lovers, benarkah mereka yang mengalami masalah kolesterol dilarang konsumsi susu karena bisa menyebabkan kolesterol naik?

Perlu diingat, kolesterol terdiri dari 2 macam, ada low-density lipoprotein (LDL), atau yang dikenal dengan kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL), atau yang dikenal dengan kolesterol baik.

Faktanya, susu memang dapat meningkatkan kadar kolesterol, tapi yang ditingkatkan di sini bukan LDL, melainkan HDL atau yang kita kenal dengan kolesterol baik. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, salah satunya penelitian dari University of Texas Southwestern Medical Center.

Apa manfaat HDL atau kolesterol baik?

Menurut Dr. Margo Denke, peneliti dari University of Texas Southwestern Medical Center, menyebut jumlah high-density lipoprotein (HDL) yang tinggi efektif untuk memberikan perlindungan terhadap sistem kardiovaskular, dan mampu menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) dalam darah.

Jadi bukannya berbahaya, justru konsumsi susu sangat disarankan untuk mengendalikan kolesterol jahat, dan mencegah dampak buruk akibat kolesterol jahat, seperti risiko penyakit hipertensi, darah tinggi, masalah jantung, hingga stroke.

Tapi perlu diingat, di pasaran sendiri sekarang sudah banyak jenis susu yang dijual dengan beragam klaim kelebihan, bahkan ada produk susu yang sudah diperkaya dengan jenis vitamin tertentu, dengan varian rasa yang cukup menggiurkan.

Untuk memberikan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi susu UHT, susu dengan kandungan nutrisi setara dengan susu murni (raw milk), tapi lebih aman karena sudah terbebas dari bakteri, spora, dan jamur yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Tidak banyak kok, rata-rata setiap orang dewasa membutuhkan asupan susu sebesar 500 ml per hari. jumlah ini sebaiknya dibagi jadi 2 bagian, satu kali dikonsumsi sebelum jam makan siang atau setelah sarapan, dan segelas susu hangat sebelum tidur.

Agar lebih maksimal, imbangi juga konsumsi susu dengan menjalankan gaya hidup sehat. Jauhi gorengan, junk food, jeroan, kulit dan makanan lainnya yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. jangan lupa untuk rutin berolahraga, setidaknya 30 menit per hari yah Milk Lovers!