Salah satu cara agar berprestasi adalah, kamu harus fokus pada pelajaran. Yang jadi masalah, terkadang ada saja hal-hal yang bisa bikin fokus dan konsentrasi kamu terganggu, salah satunya sering mengantuk di dalam kelas. Apakah kamu salah satunya?

Milk Lovers, untuk mengatasi hal ini, kita harus ketahui dulu apa penyebab kamu sering ngantuk di kelas dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan penyebab utama kamu sering ngantuk saat di kelas. Selain itu, kurang tidur pun menyebabkan sulit konsentrasi, tubuh lelah dan tak bersemangat.

Untuk mengatasinya, sebaiknya cukupi waktu tidur setidaknya 6-7 jam per malam. Jika sudah terlanjur, cobalah untuk keluar kelas saat rasa kantuk sudah tak bisa ditahan. Kamu bisa cuci muka dulu, atau saat jeda pelajaran bisa ngopi dulu di kantin.

Tidak Sarapan

Selain karena begadang, ngantuk pun bisa disebabkan karena kamu tidak sarapan, atau menu sarapan kamu hanya karbohidrat sederhana, seperti nasi atau roti putih. Selain diganggu oleh rasa lapar, kondisi ini pun menyebabkan kamu diserang rasa kantuk yang menyiksa.

Untuk mengatasinya, usahakan kamu sarapan dulu, minimalnya 2 butir telur rebus dan selembar roti gandum. Kalau tidak sempat, kamu bisa mengonsumsi 2 buah pisang dan segelas susu.

Minat Belajar

Mendapatkan pelajaran dan guru yang membosankan, selain fokus kamu akan menurun, biasanya masalah ngantuk pun akan datang menyerang. Apalagi jika gurunya hanya fokus menerangkan tanpa berinteraksi dengan murid, dijamin cepat bosan hingga akhirnya ngantuk pun datang.

Solusinya, cobalah untuk meningkatkan minat pada pelajaran yang sedang berjalan. Jika ada sesi interaksi, cobalah untuk lebih cerewet dengan bertanya apapun yang kurang kamu pahami.

Pencahayaan Kurang

Kelas yang redup dan lembab akan membuat kamu mudah mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah untuk lebih fokus pada pelajaran. Lakukan peregangan untuk sekedar menghangatkan suhu tubuh, dan cari tempat duduk paling depan agar semangat belajarmu lebih meningkat.

Bagaimana Milk Lovers, ternyata mudah, bukan? Selamat belajar!