Ada banyak jenis kecerdasan anak yang bisa Anda kembangkan, salah satunya kecerdasan musikal atau Musical Intelligence. Menurut penelitian, anak yang memiliki kecerdasan musikal, akan lebih mudah memecahkan sebuah masalah, dan lebih percaya diri.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh E. Glenn Schellenberg di University of Toronto, dan diterbitkan dalam jusrnal Psychological Science, menemukan fakta jika anak yang memiliki kecerdasan musikal, memiliki skor IQ yang lebih tinggi ketimbang anak yang tidak memilikinya.

Sementara menurut penelitian bersama yang dilakukan oleh Ellen Winner, profesor psikologi dari Boston Collage, dan tim peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center, menemukan fakta jika anak yang terbiasa mendengarkan musik, memiliki kemampuan motorik halus, pencitraan otak yang lebih baik.

Mereka pun lebih berani tampil di depan umum, berani memimpin, dan memiliki aktivitas pertumbuhan saraf otak yang lebih cepat ketimbang anak yang jarang mendengarkan musik.

Lantas, bagaimana cara menstimulasi kecerdasan musikal anak?

Christoper Johnson, pakar pendidikan musik dan terapi musik di University of Kansas, menyarankan agar orangtua menstimulasi kecerdasan musikal anak dengan beberapa cara berikut ini.

- Sering menyanyikan lagu untuk anak, dan ajak mereka untuk bernyanyi bersama. Kegiatan ini bisa Anda lakukan sejak Si Kecil masih bayi.

- Ajak anak untuk menebak berbagai macam bunyi-bunyian. Tidak perlu bunyi alat musik, Anda bisa bermain tebak-tebakan bunyi dari alam, seperti suara binatang dan lainnya.

- Ajak anak untuk menyanyi sambil menari bersama. Selain menyenangkan, trik ini cukup efektif untuk merangsang kemampuan olah tubuh dan kecerdasan musikalnya.

- Ajak anak untuk menciptakan musik dari benda-benda di sekitarnya, seperti menabuh kaleng kosong, menghentak-hentakan kaki, dan lainnya.

- Dorong anak untuk bermain musik bersama teman-temannya. Cara ini cukup efektif untuk melatih kecerdasan bermusik, sekaligus kecerdasan interpersonalnya.

Jika sudah di atas 5 tahun, Anda bisa mendaftarkan anak ke kelas musik. Sekarang banyak kok tempat kursus musik yang menerima anak didik sejak usia dini. Selamat mencoba Milk Lovers!