Selain ditularkan lewat gen, kecerdasan anak ternyata ditunjang oleh banyak faktor lainnya, seperti faktor konsumsi makanan tertentu. Misalnya konsumsi susu, ikan, dan sayuran, faktor lingkungan, dan kebiasaan sederhana yang Milk Lovers lakukan selama masa kehamilan.

Dilansir dalam Mother and Baby, berikut merupakan kebiasaan sederhana selama masa kehamilan yang terbukti bisa membuat anak terlahir dengan nilai IQ di atas rata-rata.

Tetap Aktif Bergerak

Hamil bukan alasan Milk Lovers untuk bermalas-malasan. Selama hamil, aktif berolahraga sangat disarankan untuk meningkatkan produksi hormon endorphin, yang merupakan hormon untuk mendatangan rasa bahagia, menurunkan resiko stres, dan resiko baby blues syndrom.

Selain itu, penelitian terbaru menyebut jika aktif bergerak selama masa kehamilan, 40 persen lebih efektif untuk meningkatkan neuron di hippocampus bayi, dan mempercepat pembentukan sistem memori di otak.

Berjemur untuk Dapatkan Vitamin D

Kebiasaan berjemur di pagi hari merupakan salah satu kebiasaan sehat untuk merangsang tubuh memproduksi vitamin D secara alami.

Menurut pakar kesuburan, Zita West, vitamin D selama masa kehamilan tidak hanya memaksimalkan proses penyerapan kalsium dari susu, tapi juga mampu meningkatkan mood, memberi ketenangan pada janin dalam kandungan, serta memaksimalkan pertumbuhan organ vital, seperti jantung, dan otak.

Mengelus Perut

Di usia 20 minggu, janin dalam kandungan sudah dapat merasakan ketika sentuhan di area perut. Tidak heran jika akhirnya mereka pun akan membalas sentuhan Milk Lovers dengan cara mengeluarkan gerakan seperti menendang atau berpindah tempat.

Selain mengajaknya berkomunikasi, mengelus perut pun sebagai bentuk komunikasi merupakan salah satu stimulasi awal untuk kecerdasannya.

Mendengarkan Musik

Pakar parenting Miriam Stoppard, berpendapat jika janin dalam kandungan akan merasa lebih tenang saat diperdengarkan suara musik lembut. Selain itu, mendengarkan musik pun memicu peningkatan hormon serotonin, yang mendorong perasaan bahagia, tenang dan puas.

Menariknya, beberapa penelitian pun membuktikan jika mendengarkan alunan musik lembut akan memicu reaksi otak (seperti olahraga otak) yang membuat kecerdasannya meningkat.