Bermain merupakan dunianya anak-anak. Selain menyenangkan, bermain ternyata efektif untuk mengasah perkembangan otak anak, meningkatkan daya imajinasi, dan memperkuat memori. Selain itu, bermain pun akan membuat anak mampu mengembangkan kemampuannya dalam bersosialisasi.

Milk Lovers, untuk mengasah perkembangan otak Si Kecil, berikut merupakan beberapa permainan kreatif yang bisa Anda coba.

Menyusun Balok

Dalam permainan ini, anak akan didorong untuk mencoba dan mencari tahu apa yang akan terjadi jika satu balok disusun dengan balok lainnya.

Menurut Gaye Grunlond, penulis buku Developmentally Appropriate Play: Guiding Young Children to a Higher Level, menyusun balok merupakan dasar dari keterampilan berpikir ilmiah, dengan fungsi utama untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Bermain Pasir

Sama seperti bermain menyusun balok, bermain pasir pun bisa jadi media belajar anak untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Selain itu, imajinasi anak-anak pun akan terlatih karena selama bermain, mereka dituntut untuk memikirkan bagaimana caranya membangun hal-hal yang ada dalam imajinasi mereka.

Untuk melakukan ini, Anda cukup menyediakan pasir kering (bisa menggunakan pasir pantai), ember, sekop kecil, dan wadah. Setelah itu, biarkan Si Kecil bermain pasir.

Bermain Peran

Sambil bersantai, cobalah untuk mengajak anak bermain peran. Misalnya, bermain dokter-dokteran dengan Si Kecil berperan sebagai dokter, bermain penjual dan pembeli, dan permainan peran lainnya.

Kegiatan ini akan membuat anak belajar bagaimana cara memahami dan mengendalikan diri. Selain itu, selama bermain peran mereka pun akan berpikir secara fleksibel, mengembangkan imajinasi, dan menyesuaikan dialog dengan situasi yang sudah ditentukan.

Petak Umpet

Terkesan sederhana, tapi permainan petak umpet terbukti mampu meningkatkan imajinasi dan kemampuan berpikri Si Kecil. Saat bermain petak umpet, mereka dituntut untuk mengambil keputusan cepat dan tepat dalam mencari persembunyian, dan menyusun strateti agar tidak mudah ditangkap.

Permainan ini lebih seru jika dilakukan di luar rumah bersama anak-anak lainnya. Bagaimana Moms Lovers permainan manakah yang jadi favorit Anda?