Orangtua mana sih yang tidak bangga saat anaknya naik ke panggung untuk mendapat penghargaan atas prestasi yang diraihnya? Selama ini, banyak yang menduga jika kecerdasan merupakan warisan keluarga. Padahal, kecerdasan anak bisa dibentuk sejak dini.

Berikut merupakan beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar memiliki anak yang cerdas dan berprestasi di sekolahnya.

Cukupi Nutrisinya

Memenuhi kebutuhan nutrisi merupakan hal yang harus dilakukan. Idealnya, pemenuhan kebutuhan nutrisi ini harus diberikan sejak Si Kecil masih dalam kandungan.

Menurut Diane Ashton, M.D., M.P.H., Wakil Direktur Medis March of Dimes, menjelaskan jika membentuk anak cerdas bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan dengan memberikan nutrisi yang cukup, diantaranya protein, kalsium, omega-3, asam folat dan lainnya.

Tanamkan Kepercayaan Diri

Percaya diri merupakan hal yang wajib dimiliki agar mereka berprestasi. Dengan kepercayaan diri, mereka akan mampu memecahkan setiap masalah dengan baik. Bahkan bukan tidak mungkin anak yang punya kepercayaan diri akan tampil sebagai pemimpin diantara anak-anak lainnya.

 

Untuk menanamkan sikap percaya diri sejak dini, Anda bisa melatihnya dengan cara :

1. Berikan anak kebebasan untuk memilih apa yang di inginkannya.

2. Beri kepercayaan kepada anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

3. Tunjukan kasih sayang Anda sebagai orangtua, tanpa harus memanjakannya.

4. Ajarkan anak untuk selalu berpikir positif, dan yakinkan jika dia punya kemampuan lebih ketimbang anak-anak lainnya.

Berikan Fasilitas Belajar

Untuk mendukung kegiatan belajarnya, Anda wajib menyediakan fasilitas penunjang belajarnya, misalnya meja belajar di rumah, buku bacaan, dan lainnya.

Selain itu, ciptakan ruangan yang nyaman dan tenang agar anak bisa berkonsentrasi saat belajar. Kalau dibutuhkan, Anda pun bisa memberikan komputer atau gadget khusus untuk menunjang kegiatan belajarnya. Tapi ingat, khusus untuk gadget penggunaannya harus diawasi!

Pastikan Cukup Istirahat dan Tidak Stres

Pastikan anak memiliki tempat istirahat yang nyaman agar kualitas tidurnya terjaga. Dengan cukup istirahat, anak bisa lebih konsentrasi saat belajar di sekolah, tanpa terganggu dengan rasa kantuk. Selain itu, istirahat yang cukup pun cukup berpengaruh kepada perkembangan otaknya.

Yang tidak kalah penting, pastikan anak tidak stres dengan memberikan beban prestasi yang terlalu tinggi, pastikan tidak terjadi praktik bullying di sekolahnya, dan lainnya. Selamat mencoba!