Amankan meninggalkan si kecil sendiri di rumah tanpa pengasuh? Sesekali meninggalkan anak sendirian di rumah sebenarnya juga dapat menjadi salah satu pembelajaran bagi anak agar belajar mandiri. Tetapi ada beberapa hal yang wajib disiapkan oleh orangtua ketika hendak meninggalkan si kecil seorang diri di rumah agar ia tetap dalam kondisi aman:

Sudah Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Apakah si kecil sudah cukup bertanggung jawab untuk memahami dan mematuhi peraturan dasar yang berlaku di rumah. Apakah ia bersiap untuk tetap berada di rumah? Bukan tidak mungkin berada seorang diri di rumah saat pertama kali dapat menjadi pengalaman yang menyeramkan bagi anak. Karena itu pastikan si kecil sudah cukup mampu ditinggal sendiri tanpa orang dewasa yang bersamanya di rumah.

Menetapkan Batasan dan Peraturan

Saat pertama kali meninggalkan si kecil di rumah, tetapkan beberapa batasan seperti jangan menyalakan kompor, jangan membuka pintu untuk orang asing, tidak boleh keluar rumah, dan masih banyak lagi. Pastikan si kecil sudah mampu mematuhi aturan tersebut ketika meninggalkannya sendirian di rumah.

Beri Dia Kepercayaan

Percayalah bahwa si kecil mampu dan mau untuk bertanggung jawab. Selain itu orangtua juga harus meyakini nalurinya. Jika orangtua merasa si kecil belum siap dengan berbagai alasan, maka ini mungkin juga bukan waktu yang tepat untuk membiarkan ia berada sendirian di rumah.

Mempersiapkan Si Kecil

Sebelum ditinggal pergi, biarkan si kecil mengetahui di mana ayah atau ibunya berada termasuk nomor telepon dan alamat. Selain itu beritahu pula kapan rencana ayah/ibu akan pulang. Bila rumah cukup dekat dengan tetangga, sebaiknya beritahu mereka bahwa si kecil akan ditinggalkan sendiri di rumah dan siapkan mereka jika sewaktu – waktu anak perlu menghubungi seseorang sebelum ayah/ibu sampai di rumah. Pastikan pula ponsel ayah/ibu selalu aktif.

Melawan Keinginan Untuk Melakukan Pengecekan Terus Menerus

Baru beberapa menit keluar dari rumah, Milk Lovers mungkin sudah tidak sabar ingin telepon atau berkirim pesan untuk memeriksa keadaan si kecil. Namun sebaiknya keinginan ini ditahan. Terlalu sering mengecek akan membuat si kecil merasa ia tidak dipercaya.

Memberikan Dukungan

Saat ayah/ibu sudah kembali ke rumah, pastikan ia tahu bahwa orangtuanya bangga karena dia sudah cukup mampu memegang tanggung jawab berada sendirian di rumah. Perkuat kemandirian dan kepercayaan dirinya.

Walaupun meninggalkan si kecil di rumah bukan hal yang salah, apalagi si kecil sudah cukup mampu bertanggung jawab, sebaiknya hindari terlalu sering meninggalkan anak sendirian. Bagaimanapun juga, anak masih tetap memerlukan pengawasan dan perhatian yang banyak dari orangtua.