Saat belum punya anak, Anda mungkin bisa dengan mudah liburan ke mana saja sesuai dengan keinginan. Tapi sekarang, saat Anda sudah memiliki Si Kecil, semuanya harus dipertimbangkan dengan matang, terutama persiapan yang harus dilakukan dengan tepat.

Berikut merupakan beberapa hal yang wajib diperhatikan saat akan mengajak anak travelling.

Pilih Destinasi Wisata

Destinasi wisata yang dikunjungi harus dipertimbangkan baik-baik, jangan sampai Anda memilih destinasi wisata yang jauh hingga membuat anak kecapean di perjalanan.

Jika hanya berkunjung ke luar kota dengan durasi perjalanan sekitar 2-4 jam, mungkin anak dibawah 2 tahun masih bisa melaluinya, tapi jika lebih, sebaiknya pikir-pikir dulu. Kalaupun terpaksa, pastikan Anda banyak beristirahat untuk memberi kesempatan Si Kecil mengembalikan staminanya.

Persiapkan Kebutuhan Si Kecil

Menurut dr Reisa Broto Asmoro, dokter yang juga Puteri Indonesia Lingkungan dan Puteri Indonesia 2010, menyarankan agar Anda mengutamakan barang bawaan berupa baju dan perlengkapan anak. Jangan terlalu banyak, sesuaikan saja dengan jumlah hari dan aktivitas yang akan dilalui selama liburan.

Selain itu, sesuaikan juga pakaian yang dibawa dengan kondisi cuaca tempat tujuan liburan. Jika sedang musim hujan, sebaiknya bawa baju hangat atau jaket.

Jangan Lupa Bawa Mainan Anak

Agar anak nyaman selama perjalanan, jangan lupa untuk membawa mainan favoritnya. Nggak perlu banyak-banyak, cukup 2-3 mainan kesukaannya saja. Pastikan Anda memilih mainan yang ukurannya tidak terlalu besar.

Selain itu, menurut travel blogger Nila Tanzil, saat liburan bersama anak jangan lupa untuk membawa barang seperti selimut, obat-obatan pribadi, sepatu, baby carrier dan rompi penggendong.

Minta Rekomendasi Dokter

Sebelum berangkat, periksa kondisi kesehatan Si Kecil. Jangan lupa utarakan maksud Anda yang ingin membawa Si Kecil jalan-jalan. Minta nasihat apa saja yang harus dilakukan, dan jangan lupa minta nomor kontak dokter agar Anda bisa mendapat jalur khusus saat harus berkonsultasi jarak jauh.

Dengan persiapan yang matang, acara liburan Anda dan keluarga tidak hanya menyenangkan, tapi juga akan lebih aman. Selamat berlibur!