Sebagian besar wilayah Indonesia masih dikepung dengan musim kemarau. Itu artinya, sebentar lagi kita akan menghadapi musim hujan. Nah jika kamu sedang berencana melaksanakan liburan di musim hujan nanti, sebaiknya persiapkan segala sesuatunya dari mulai sekarang.

Milk Lovers, agar liburanmu terasa lebih bermakna, berikut merupakan trik menentukan destinasi wisata selama musim hujan.

Hindari Tempat Wisata Alam

Destinasi wisata yang berhubungan dengan alam memang menarik, terutama buat kamu yang berjiwa petualang. Di Indonesia sendiri, banyak destinasi wisata yang bertema alam, dari mulai yang bertema pantai, pegunungan, hingga hutan.

Tapi ingat, selama musim hujan sebaiknya hindari destinasi wisata yang berkonsep alam, terutama pegunungan. Pasalnya tanah yang kering, sangat rawan longsor saat diterpa air hujan.

Destinasi Wisata Indoor Bisa Jadi Alternatif

Cobalah untuk mengalihkan fokus ke destinasi wisata indoor, seperti museum, gallery, dan lainnya. Selain lebih nyaman karena bisa terbebas dari serangan hujan, kamu pun bisa bersenang-senang, plus mendapatkan ilmu baru terkait dengan karya sastra, sejarah, teknologi, seni rupa, dan lainnya.

Ada banyak destinasi Indoor yang bisa kamu pilih, diantaranya Skyworld Indonesia di TMII, Jakarta Aquarium, Museum Geologi Bandung, Museum Kereta Api dan lainnya.  

Siapkan Perlengkapan

Selain wajib menggunakan pakaian hangat, ada beberapa perlengkapan yang wajib kamu persiapkan saat berlibur di musim hujan. Misalnya pakaian ganti karena di musim hujan pakaian rawan basah. Selain itu, kamu pun wajib mempersiapkan jas hujan, payung dan perlengkapan lainnya.

Jika dibutuhkan, kamu bisa membawa obat-obatan pribadi, terutama obat-obatan yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum membawa obat-obatan berlibur!

Pantau Perkiraan Cuaca

Meskipun cuaca sekarang sudah sulit diprediksi, tapi tidak ada salahnya kamu mempersiapkan diri dengan cara selalu memantau kondisi cuaca terkini. Banyak kok aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk memantau prakiraan cuaca sekarang, atau bahkan besok, tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan.

Intinya, kamu harus benar-benar mempersiapkan liburan dengan matang, termasuk destinasi wisata utama dan rencana cadangan. Selamat berlibur!