Milk Lovers, seorang anak bisa dikatakan cerdas bukan hanya karena dia berprestasi secara akedemis saja, tapi dia pun harus mampu membuktikan kecerdasan emosionalnya, baik dalam hal mengelola emosi, hingga bagaimana cara dia bersikap kepada orang lain.

Tapi sayang, untuk mendapatkan anak yang cerdas dalam mengelola emosi, butuh perjuangan ekstra keras. Berikut merupakan langkah awal yang harus Milk Lovers lakukan agar si kecil bisa cerdas dalam berbagai hal.

Mengenal dan berempati

Ketika si kecil terlihat marah, kesal, sedih atau bahkan bahagia, cobalah untuk memahami apa yang mereka rasakan dengan cara sedikit berempati, terutama ketika mereka dihadapkan dengan emosi negatif. Beranilah untuk mendengarkan pendapatnya, dan perlihatkan kalau Milk Lovers sangat peduli kepadanya.

Ingat, berempati kepada si kecil bukan berarti setuju atau meng-iya-kan apa yang mereka inginkan, tapi berempati merupakan tindakan yang harus Milk Lovers lakukan dengan melihat sesuatu dari dunia si kecil.

Membiarkan Si Kecil Berekespresi

Ketika dia marah, jangan tahan emosinya. Biarkan saja dia mengekspresikan kekesalannya, selama dia mengeluarkan emosinya dalam bentuk yang wajar.

Dengan melayang si kecil untuk menangis, atau merengek meminta sesuatu, secara tidak langsung Milk Lovers telah mengekang perasaannya. Selain itu, sikap ini pun akan membuat mereka menganggap Milk Lovers tidak peduli, sampai akhirnya mereka pun kecewa dengan Milk Lovers sebagai orangtuanya sendiri.

Dengarkan

Dalam beberapa kondisi, bisa saja dia bercerita layaknya orang dewasa, walaupun tetap gaya anak-anaknya masih melekat kuat. Ketika si kecil ingin bicara, cobalah dengarkan. Ingat, dia hanya ingin di dengar, bukan disanggah atau diberi petuah-petuah yang bisa merontokan emosinya.

Belajar mendengarkan si kecil pun merupakan salah satu cara untuk menunjukanjika Milk Lovers peduli dengan apa yang mereka rasakan, sehingga lambat laun cara ini pun akan membuat dia mampu mengelola emosi.

Biarkan Menyelesaikan Masalahnya

Walaupun mereka menceritakan banyak keluh kesahnya, tugas Milk Lovers bukan untuk menyelesaikan masalahnya, tapi cukup dengarkan saja. Setelah mereka meminta pendapat, dorong si kecil untuk bertindak berani dengan cara menyelesaikan masalahnya sendiri.

Milk Lovers, beberapa cara di atas tidak hanya mampu menunjukan perhatian Milk Lovers terhadap segala masalahnya. Lebih dari itu, mereka akan merasa didukung, dan didorong untuk lebih percaya diri. Selamat mencoba ya, Milk Lovers!