Lagi bosan? Biasanya banyak anak remaja yang lebih memilih untuk menjelajah di sosial media saat sedang suntuk. Memang sih banyak hal menarik yang bisa ditemukan di sosial media, tapi jangan lupa di sana pun banyak hal yang bisa membuat kamu marah, kecewa hingga sedih.

Membaca Solusi Terbaik

Untuk sekedar mengatasi rasa bosan, sosial media ternyata tidak terlalu banyak membantu. Justru penelitian yang dilakukan Demos dan The Reading Agency, ada hal lainnya yang jauh lebih efektif mengatasi rasa bosan, bahkan kesepian, yakni membaca buku.

Dilansir dalam Standard, tim peneliti menyebut jika membaca buku secara signifikan mampu mengurangi perasaan kesepian dan meringankan perasaan terisolasi. Membaca pun mampu menghilankan rasa bosan, suntuk, dan membuat hari-harimu jadi lebih menyenangkan.

Sue Wilkinson, CEO The Reading Agency, menjelaskan jika penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar efek membaca buku dalam mengatasi masalah prikologis yang banyak dialami anak remaja di era sosial media.

Menariknya, Sue menjelaskan jika kamu tidak perlu memilih bacaan yang terlalu berat untuk sekedar menghilangkan suntuk, buku-buku seperti novel, cerita lucu, komik, dan lainnya, bisa dijadikan solusi. Pokoknya disesuaikan saja dengan minat kamu!

Untuk kamu yang memiliki keterbatasan dalam membaca buku (disabilitas atau mengalami masalah penglihatan), manfaat yang sama pun bisa didapat dari membaca buku versi audio, sementara buat kamu yang malas dengan kertas, bisa membaca buku elektronik atau ebook.

Penelitian ini sendiri sejalan dengan hasil penelitian lainnya yang dilakuakn tim peneliti dari Rush University Medical Center, Chicago, Amerika, pada tahun 2013 kemarin, yang menyebut jika membaca mampu mencegah penurunan kognitif yang menyebabkan demensia atau Alzheimer.

Membaca pun mampu meningkatkan suasana hati, dan mencegah stres. Tidak perlu lama, dalam penelitian ini disebutkan kamu hanya perlu membaca buku selama 1-2 jam per hari. Bagaimana menurut Milk Lovers, siap mengurangi aktivitas di sosial media, dan menggantinya dengan membaca buku?