Punya anak pintar dan berprestasi merupakan impian semua orangtua. Ada banyak faktor yang bisa membuatnya jadi pintar, termasuk memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan sejak masa kehamilan, memberikan ASI eksklusif, stimulai dan penerapan pola asuh terbaik.

Berikut merupakan beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan anak pintar dan berprestasi di sekolahnya.

Biasakan Membaca Buku

Biasakan anak rajin membaca sejak dini. Apapun bacaannya, selama positif, biarkan saja. Mungkin untuk awal-awal, Anda bisa memberikan mereka buku bergambar dan berwarna agar dia tertarik untuk lebih rutin membaca. Setelah itu, baru diperkenalkan dengan buku-buku tanpa gambar.

Banyak penelitian yang menyebut rutin membaca akan meningkatkan kemampuan memori, mempertajam imajinasi, cepat dalam mengambil keputusan, dan membuat anak jadi lebih cerdas.

Ajarkan Disiplin Diri

Charles Duhigg, dalam bukunya yang berjudul The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business, anka yang terbiasa disiplin akan lebih cermat dalam mengatur waktu. Mereka pun memiliki peluang sukses yang lebih besar ketimbang anak yang tidak disiplin.

Masih dalam buku yang sama, Charles menjelaskan jika anak yang terbiasa hidup disiplin, memiliki IQ yang tinggi, memiliki tanggung jawab, lebih mampu mengendalikan emosinya.

Ajarkan Pola Pikir Optimistis

Christine Carter PhD, pakar sosiologi, sekaligus penulis buku Raising Happiness, anak yang optimis cenderung mampu bertahan dari kegagalan, cepat bangkit, dan mampu menganalisa kegagalan untuk dia perbaiki. Hal inilah yang membuat optimisme jadi salah satu kunci masa depan anak.

Anak yang selalu berpikir optimis pun cenderung lebih sukses dan berprestasi di sekolah, memiliki jiwa pemimpin, dan lebih sehat secara emosional.

Ciptakan Lingkungan Yang Kondusif

Lingkungan kondusif merupakan kunci utama keberhasilan anak dalam belajar. Di tengah lingkungan yang nyaman, mereka akan lebih fokus, dan kemampuan berpikirnya akan berkembang pesat. Untuk itu, pastikan lingkungan tempat belajar Si kecil benar-benar kondusif, tenang, jauh dari polusi dan tidak ada bullying.

Selain itu, kondisi keluarga pun harus kondusif. Hubungan orangtua dan anak yang harmonis, akan membuat mereka lebih nyaman dalam mengembangkan kepintarannya. Selamat mencoba!