Milk Lovers, selama ini metode penyimpanan susu masih dianggap sebagai hal yang sangat sepele dan jarang diperhatikan oleh sebagian orang. Seperti kita ketahui, proses penyimpanan susu yang baik dan benar justru tidak hanya berhubungan dengan basi atau tidak, lebih dari itu susu akan kehilangan beberapa khasiatnya.

Hingga sekarang, susu sendiri ditawarkan dalam beberapa variasi produk, dari mulai susu bubuk, susu cair, dan susu cair kental manis. Tentu saja, beda penyajian, beda pula cara penyimpanannya. Nah,di kutip dari Ehow,berikut merupakan cara penyimpanan susu yang baik dan benar.

Tutup rapat

Usahakan untuk menyimpan susu dalam kondisi tertutup rapat. Jangan sampai anda membiarkan bakteri berkesempatan untuk masuk dalam kemasan susu dan merusak susu itu sendiri. Untuk itu, jika anda membeli susu kemasan dan sudah di buka, sebaiknya segera habiskan susu tersebut.

Dalam lemari Es

Suhu dingin dalam lemari es terbukti akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk yang akan membuat susu anda basi. Untuk itu, segera simpan susu dalam lemari Es pada suhu 1 hingga 4 derajat Celsius. Sebaiknya letakkan susu di bagian dalam lemari Es, bukan pada bagian luarnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu susu tetap stabil.

Segera habiskan

Khusus untuk susu cair segar, sebaiknya anda membeli kemasan kecil saja jika memang anda tidak akan menghabiskan susu tersebut dalam jangka waktu satu hari. Kebiasaan menyimpan susu yang sudah terbuka dalam lemari es, apalagi ruang terbuka, hanya akan membuat susu itu cepat membusuk, atau minimalnya kehilangan khasiatnya.

Kemasan Tetra Pak

Kemasan Tetra Pak merupakan kemasan khusus di buat dari beberapa lapisan Karton, Polyethylene serta aluminium foil. Biasanya, kemasan ini akan digunakan sebagai kemasan susu pengganti kaleng. Kemasan ini sendiri memiliki keunggulan mudah di daur ulang, lebih ringkas, aman dari bakteri pembusuk sehingga susu akan bertahan lama walaupun tidak di simpan dalam lemari Es.

Selain itu, masih banyak beberapa cara penyimpanan susu supaya tidak cepat basi dan mengurangi khasiatnya. Milk Lover punya caranya? Sharing dong Infonya!