Tidak hanya enak, banyak orang yang menyukai susu karena memiliki kandungan gizi yang lengkap, dari mulai protein, kalsium, vitamin dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, susu pun bisa dimanfaatkan sebagai campuran produk kecantikan, dan sejumlah manfaat lainnya.

Mengenai jenisnya sendiri, sekarang ini sudah banyak produk susu olahan yang disajikan dalam berbagai jenis, dari mulai susu kental manis, susu bubuk, hingga susu UHT yang dikenal sebagai produk terbaik untuk merasakan khasiat susu dengan kandungan nutrisi lengkap seperti susu murni.

Tapi ingat, ada beberapa hal yang bisa menjadikan produk susu tersebut jadi nggak layak konsumsi. Bahkan kalau dipaksakan, bisa membahayakan kesehatan.

Basi

Khusus untuk susu UHT, produk ini dirancang untuk langsung dihabiskan ketika kemasannya terbuka. Pasalnya, susu ini termasuk dalam golongan susu murni, dan bisa disimpan lama karena kemasannya yang safety. Kalau sudah terbuka, disarankan untuk langsung dihabiskan atau dapat disimpan di lemari pendingin selama maksimal 4 hari. .

Biasanya, bakteri pembusuk akan langsung menyerang beberapa jam setelah kemasan susu terbuka. Setelah itu, susu pun berubah jadi asam dan berbau. Saat itulah susu jadi tidak layak di konsumsi.

Berubah rasa

Coba cek kembali susu yang kamu beli, apakah memiliki aroma yang tak sedap atau rasanya sedikit asam? Kalau hal ini sudah terjadi, bisa dipastikan jika susu tersebut sudah basi, apalagi kalau susu tersebut sudah ditumbuhi belatung.

Susu yang asam dan berbau merupakan tanda susu sudah basi. Kalau dipaksakan dikonsumsi, berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Melewati Masa Kadaluarsa

Selalu cek masa kadaluarsa produk susu yang kamu beli, baik produk susu UHT, full cream, ataupun bubuk. Pasalnya, masa kadaluarsa yang sudah berakhir menandakan jika susu tersebut sudah tidak layak dikonsumsi lagi.

Ingat Milk Lovers, sebelum membeli susu, pastikan dulu kemasan susu terjaga dengan baik, asli dan tidak melewati masa kadaluarsa. So, jadilah konsumen yang bijak!