Menjadi lebih produktif merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Sayang, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Alasannya beragam, karena masalah konsentrasi (bisa karena stress atau gangguan lainnya), kurangnya inspirasi dan beragam penyebab lainnya.

Menurut beberapa penelitian, otak manusia rata-rata hanya bisa bekerja selama 8 jam per hari. Selama 8 jam tersebut, otak membutuhkan istirahat selama 17 menit, dan kembali membutuhakn istirahat setiap 52 menit sekali. Well, terdengar seperti malas-malasan bukan?

Dilansir dalam prevention, penelitian yang dilakukan oleh The Draugiem Group, menyebut jika mereka yang bekerja tidak kurang dari 8 jam per hari, justru jauh lebih produktif untuk urusan kualitas pekerjaan (yang dihitung kualitas, bukan kuantitas).

Sementara uuntuk penelitian yang dilakukan dengan bantuan apikasi DeskTime, ditemukan jika 10 persen karyawan yang paling produktif justru menerapkan alur kerja stop-and-go seperti yang digambarkan diatas, yakni bekerja selama 1 jam, istirahat selama 17 menit, kembali bekerja dan seterusnya.

Kenapa bisa seperti itu?

Mengenai hal ini, para peneliti menyebut jika ketika otak sudah mengalami kejenuhan atau kelelahan, otomatis ini akan membuat kita sulit untuk berfikir. Sama seperti PC atau Laptop, otak membutuhkan refresh untuk mengusir kejenuhan yang membuat kamu sulit berfikir.

Makanya Milk Lovers, saat otak sudah terlalu jenuh, sebaiknya jangan dipaksa. Manjakan dirimu untuk bersantai sejenah, misalnya dengan bermain games, browsing dan lainnya. Setelah merasa segar, kamu boleh kembali bekerja seperti biasa.

Selain itu, ada beberapa trik lainnya yang bisa kamu coba agar otak kembali segar dan fokus pun tetap terjaga.

  1. Menelepon orang yang dicintai hanya untuk sekedar menanyakan kabar dan lainnya. Dengan mendengar suara orang yang dicintai, suasana hati kita akan lebih baik dan mood pun kembali terangkat.
  2. Buat rencana liburan agar kamu punya target yang jelas. Dengan cara ini, kamu akan berusaha untuk fokus, dan pekerjaan pun akan lebih cepat selesai.
  3. Bersihkan dompet dari hal-hal yang tidak perlu, seperti nota, kupon atau permen kadaluarsa. Terdengar konyol, tapi percayalah cara ini efektif membuat kamu terpacu untuk lebih fokus bekerja.
  4. Perbarui software dan upgrade komputer atau laptop kamu agar kinerjanya lebih maksimal. Kinerja alat kerja yang lambat pun bisa membuta produktivitas terganggu.
  5. Cobalah untuk melatih otak dengan bermain teka-teki silang, puzzle dan permainan yang melatih keterampilan otak.

Untuk menjaga otak kamu tetap fokus, kamu bisa mencoba mengonsumsi kopi dan makanan tinggi karbohidrat di pagi hari. Selamat mencoba Milk Lovers!