Memiliki momongan merupakan hal yang sangat diinginkan hampir semua pasangan menikah. Nah Milk Lovers, jika Anda termasuk pasangan yang sedang menunggu moment indah ini, sepertinya mulai sekarang batasilah konsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein.

Pasalnya, dilansir dalam Real Simple, sebuah penelitian terbaru dari National Institutes of Health dan Ohio State University, menyebut jika kebiasaan mengonsumsi setidaknya dua cangkir minuman berkafein, bisa meningkatkan potensi keguguran dan sulit mendapatkan keturunan.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility ini, tim peneliti melibatkan sebanyak 344 pasangan asal Michigan dan Texas yang sedang menjalankan program hamil dalam studi Longitudinal Investigation of Fertility and the Environment (LIFE).

Hasilnya, penelitian ini menemukan jika faktor gaya hidup, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman berkafein dan penggunaan multivitamin, berpengaruh besar kepada tingkat kesuburan seseorang, terlebih jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Pada akhir penelitian, para peneliti mencatat sebanyak 28 persen dari terjadinya kehamilan, ternyata berakhir dengan keguguran, sementara yang lainnya belum mendapatkan kehamilan.

Menurut Germaine Buck Louis, Ph.D, penulis utama penelitian ini, menyebut jika asupan kafein yang terlalu berlebihan, meningkatkan risiko keguguran. Bahkan angka risikonya cukup tinggi lho, mencapai 75 persen ketimbang mereka yang membatasi kafein.

Lebih lanjut lagi, Germaine menggaris bawahi jika kafein tidak hanya terkandung dalam kopi saja, tapi zat yang satu ini bisa ditemukan dalam teh, minuman bersoda atau cokelat. Bahkan khusus untuk minuman berenergi, Germaine menyebut kandungan kafeinnya bisa dua kali lipat ketimbang kopi.

Berapa batas aman konsumsi kafein?

Setelah meninjau sebanyak lebih dari 740 tentang efek kafein pada manusia, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Food and Chemical Toxicology, menyebut jika batas aman konsumsi kafein adalah 400 miligram atau sekitar 4 cangkir kopi per hari.

Tapi khusus untuk ibu hamil atau untuk mereka yang sedang dalam program kehamilan, para peneliti menyarankan agar Anda mengonsumsi tidak lebih dari tiga cangkir kopi per hari.

Menurut Dr Eric Hentges, executive director of the International Life Sciences Institute (ILSI), menyebut jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, sebenarnya kafein tidak memiliki efek berbahaya, baik bagi ibu hamil atau mereka yang sedang merencanakan kehamilan.