Sesudah makan malam, biasanya anak-anak akan menghabiskan waktunya untuk mengerjakan tugas sekolah atau biasa disebut dengan PR. Jangan biarkan mereka sendiri, Anda bisa memanfaatkan moment ini sebagai bentuk dukungan, sekaligus cara untuk lebih mempererat hubungan antara orangtua dan anak.

Dilansir dalam All Women Stalk, berikut merupakan cara cerdas untuk membantu mengerjakan tugas sekolah anak, sekaligus menjadikan moment ini sebagai family time.

Tawarkan Bantuan

Saat mereka terlihat sibuk dengan buku, hampiri mereka dan tawarkan bantuan. Jika anak setuju untuk dibantu, cobalah untuk membantu mereka mengerjakan PR. Tapi ingat, Anda tidak boleh memberikan jawaban, tapi hnya memberikan penjelasan.

Jika tidak memahami soal yang diberikan anak-anak, Anda bisa mencari referensi di Internet, atau melihat tutorial di YouTube.

Jaga Amarah

Saat memberikan penjelasan, bisa saja anak tidak menangkap apa yang Anda sampaikan hingga dia melakukan kesalahan secara berulang. Dalam kondisi seperti ini, tetap tenang dan jangan memarahinya. Berikan penjelasan secara singkat dan mudah dimengerti, kalau perlu langsung contohkan.

Memarahi anak bukan solusi untuk membuat mereka paham dengan pelajarannya. Justru sebaliknya, memarahi mereka saat belajar malah akan membuat anak merasa tidak dihargai, dan tidak didukung.

Jauhkan dari Gangguan

Pastikan mereka bisa fokus untuk belajar dan mengerjakan PR-nya. Untuk itu, Anda wajib menjauhkan segala gangguan, dari mulai mematikan TV, menjauhkan gadget dan lainnya. Intinya, jauhkan segala hal yang berpotensi membuat fokus mereka terganggu.

Pastikan juga suasana ruang belajarnya nyaman dengan menata rapi buku-buku yang tidak digunakan, dan merapikan benda-benda di sekitarnya. Ruang belajar yang nyaman, sangat membantu mereka untuk tetap fokus pada pelajaran.

Berikan Pujian

Setelah mereka berhasil menyelesaikan PR-nya, segera beri pujian karena telah bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai pelajar, kemudian peluk dia sebagai bentuk dukungan dan kasih sayang Milk Lovers. Jangan lupa, katakan jika Anda sangat bangga dengan usahanya.

Dengan cara ini, anak akan merasa segala usahanya dihargai, sekaligus mendapat dukungan penuh dari orangtuanya. Selamat mencoba!