Sekilas, psikopat dan sosiopat tampak sama, ya, Milk Lovers. Namun nyatanya, kedua istilah ini merujuk pada hal yang berbeda. Seorang psikopat merupakan anti-sosial yang mempunyai sifat agresif, kriminal, sesat, dan tindak-tanduk amoral dan tidak memiliki rasa empati maupun penyesalan. Sementara seorang sosiopat acap kali membuat skema untuk memanipulasi orang tanpa memikirkan risikonya. Mereka juga akan melakukan segala cara untuk meraih apa yang mereka inginkan.

Minimnya kesadaran akan sosiopat membuat sebagian orang tidak sadar akan tanda-tandanya. Berikut ini ada ciri-ciri yang harus Milk Lovers waspadai.

Terlihat Biasa, Tetapi Hobi Memanipulasi

Seorang sosiopat tampak seperti orang normal dan hal ini yang menyebabkannya sulit dideteksi. Di sisi lain, mereka gemar merangkai cerita atau kejadian tertentu untuk memanipulsi orang lain supaya lawan bicara mereka merasa iba. Sosiopat juga tidak akan peduli dengan risiko yang akan ditimbulkan dari hal-hal yang dia perbuat, Milk Lovers. Selama tindakan tersebut mampu memuaskan mereka, sosiopat tak akan melakukannya dan ini yang membuat mereka disebut anti-sosial.

Melakukan Segala Hal Secara Spontan

Berbeda dari psikopat yang selalu merancang rencana secara sistematis, sosiopat cenderung spontan saat melakukan aksinya. Mereka mempunyai keahlian dalam bertutur kata yang mereka manfaatkan untuk media ‘hipnotis’. Sosiopat juga impulsif alias selalu bertindak sesuai dengan dorongan hatinya. Bukan hanya dalam lingkup pergaulannya yang berantakan, sosiopat juga kesulitan dalam mengatur keuangan dan hubungan mereka.

Sosiopat Cenderung Ambisius dan Egois

Ciri lain dari sosiopat yang harus Milk Lovers waspadi adalah sifat egois dan ambisiusnya yang relatif kuat. Demi mendapatkan posisi atau seseorang, dia akan melakukan segala hal meski tindakan tersebut akan menghancurkan kehidupan mereka. Sosiopat juga cenderung atraktif dan mempunyai keinginan untuk mengendalikan semua hal maupun orang-orang di sekitar mereka. Maka tak heran kalau sosiopat sangat berambisi demi mendapatkan sesuatu.

Benar dan Salah adalah Sebuah Ilusi

Bagi sosiopat, konsep benar dan salah hanya dianggap sebagai ilusi semata. Misalnya, mereka sadar kalau ibadah merupakan kewajiban, tetapi kalau mereka tidak mau melakukannya, maka mereka akan benar-benar menghindari ibadah. Jika hati dan pikiran mereka mengatakan ya, maka sosiopat pun akan menjalankan sesuatu meski tindakan yang diperbuat dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang yang terlibat.

Menutup Diri dan Cenderung Mendendam

Ciri-ciri sosiopat yang harus Milk Lovers waspadai adalah kecenderungan menutup diri dan mudah jadi seorang pendendam. Karakter lain dari seorang sosiopat adalah kerap berbohong, mencuri, impulsif, tak merasakan penyesalan terhadap sesuatu orang lain, dan agresif. Jika Milk Lovers merasakannya atau menyadari ada orang-orang di sekitar yang menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya berhati-hati dan segera periksakan diri.