Gosip dianggap sebagai aktivitas negatif yang memberikan dampak buruk. Predikat sebagai biang gosip, tukang gunjing, dan lainnya, akan mudah disematkan saat Anda suka menggosip. Bahkan bukan tidak mungkin karena hobi ini Anda akan dikucilkan dari pergaulan.

Tapi jangan salah, meskipun begitu ternyata bergosip pun punya manfaat positif lho! Dilansir dalam dokter sehat, penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Groningen, Belanda, menyebut jika gosip akan membuat seseorang lebih peduli dengan citra baiknya.

Elena Martinez Cu, ketua tim peneliti dari University of Groningen, menjelaskan saat mendengarkan gosip, alam bawah sadar kita akan melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap diri sendiri, dan menyikapi semua kabar tersebut dalam berbagai sisi.

Dalam satu sisi, kita akan melihat kebaikan atau keburukan orang lain berpengaruh kepada kehidupan sosial. Di sisi lainnya, kita akan semakin peka dengan diri sendiri, mencoba mengukur orang lain, dan membandingkan dengan diri sendiri.

Hal inilah yang akan membuat kita lebih berjaga-jaga terhadap citra diri dan memiliki kecenderungan tinggi untuk melindungi dirinya. Mereka berpikir, hari ini orang lain jadi bahan gosip. Bisa jadi suatu saat nanti kita sendiri yang akan jadi korban gosip jika tidak pintar menjaga diri.

Sementara itu, Jennifer Bosson PhD, menjelaskan jika gosip tidak hanya membuat kita lebih peduli dengan citra diri, tapi juga cukup ampuh untuk mengusir stres. Manfaat lainnya, gosip akan membuat kita lebih mudah berinteraksi dan mampu mempererat hubungan sosial sebuah kelompok.

Terlepas dari semua itu, gosip tetap tidak bisa dianggap sebagai aktivitas positif. Bagaimanapun juga, mempergunjingkan orang lain merupakan tindakan yang salah, dan sebisa mungkin harus dihindari. Semoga bermanfaat Milk Lovers!