Selama ini banyak penelitian yang membuktikan jika kebanyakan duduk bisa menyebabkan obesitas. Dalam penelitian lainnya, banyak duduk terbukti menyebabkan gangguan saluran kemih, meningkatkan risiko kanker usus dan yang terbaru, kelamaan duduk bisa sebabkan gangguan otak.

Hal ini terbukti melalui penelitian dari University of California, Los Angeles, Amerika, dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One yang menyebut kebiasaan menetap atau diam dalam waktu lama, seperti duduk seharian di tempat kerja, terkait dengan risiko penurunan daya ingat.

Secara spesifik, juru bicara penelitian menjelaskan jika penelitian ini mengaitkan kebiasaan sedenter (kebiasaan menetap atau diam dalam waktu lama) dapat menyebabkan lobus medial temporal, area otak yang terlibat dalam pembentukan ingatan baru, menjadi sangat tipis.

Kondisi ini tidak hanya menyebabkan gangguan pada otak, tapi lebih spesifik, bisa menyebabkan penurunan kognitif dan demensia pada orang dewasa dan lansia.

Dilansir dalam Live Science, penelitian ini dilakukan kepada 35 orang dewasa berusia antara 45-75 tahun. Tim peneliti kemudian mencatat tingkat aktivitas fisik mereka dan durasi duduk di setiap minggunya. Dengan menggunakan mesin pemindai Magnetic Resonance Imaging (MRI), tim peneliti kemudian memindai otak mereka secara detail, terutama di bagian lobus medial temporal.

Hasilnya, peserta yang terbiasa duduk selama 3-7 jam per hari, berhubungan dengan risiko penipisan lobus medial temporal. Makin lama durasi duduk yang mereka lakukan, makin tinggi tingkat penipisan lobus medial temporal-nya, dan secara otomatis meningkatkan risiko kepikunan.

Penelitian ini masih akan dikembangkan untuk menguatkan dugaan terkait kebiasaan duduk dan risiko kepikunan, bagaimana pengaruhnya terhadap gender, usia, dan aktivitas yang dilakukan saat peserta penelitian tidak sedang bekerja (sambil duduk).

Meskipun begitu, untuk mengurangi risiko kesehatan terkait masalah duduk terlalu lama, tim peneliti menyarankan agar Anda mengurangi aktivitas duduk, atau minimalnya lakukan peregangan dan ubah posisi duduk sesering mungkin. Idealnya, 2 jam sekali untuk peregangan selama 5-10 menit.

Bagaimana dengan Anda Milk Lovers, apakah sudah mulai mengurangi kebiasaan duduk lama setiap hari?