Banyak yang percaya jika uang mampu membawa kebahagiaan. Alhasil, demi tiket bahagia tersebut, mereka akan berusaha keras dengan cara bekerja keras, bahkan ada juga yang sampai menghalalkan segara cara. Padahal faktanya, uang tidak menjamin kamu bisa hidup bahagia lho Milk Lovers!

Jason Wheeler, PhD, psikoanalis di New York, Amerika, menyebut jika kamu nggak perlu mobil dan rumah yang mewah, tabungan yang melimpah dan jabatan yang tinggi untuk bisa hidup bahagia. Pasalnya, bahagia itu pada dasarnya sederhana.

Lebih lanjut lagi, Wheeler dan dua orang terapisnya menyarankan kamu untuk melakukan beberapa terapi sederhana berikut ini untuk menjadi orang yang lebih bahagia.

Tuliskan rasa syukur

Tuliskan rasa syukur dan karunia apa saja yang membuatmu merasa jadi orang yang spesial. Dengan cara ini kamu akan melihat banyak kelebihan yang dimiliki, ketimbang kekurangan yang kerap membuat kita selalu sulit untuk bahagia.

Tapi ingat, Jason mewajibkan kamu untuk menuliskan rasa syukur ini langsung dari hati. Untuk pertama memang sulit, tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dan hari-hari pun akan dipenuhi dengan kebahagiaan.

Berlari

Banyak penelitian yang menyebut lari akan membuatmu lepas dari jeratan stres. Tidak hanya itu, lari bisa jadi olahraga yang sangat baik untuk membantu kamu hidup sehat, bisa membuat otakmu lebih cerdas, atau bahkan bisa jadi cara terbaik untuk menemukan ide-ide baru.

Kasi Howard, PsyD, salah satu terapis, menyebut jika lari akan menyebabkan lonjakan adrenalin di seluruh tubuh, hingga akhirnya akan terjadi pelepasan endorphin yang bisa meningkatkan mood.

Terhubung dengan orang lain

Sementara menurut terapis Gail Saltz, MD, terhubung dengan orang lain bisa membantumu untuk merasa bahagia sepanjang hari. Misalnya, hubungan yang harmonis dengan rekan kerja akan membuat suasana kantor jadi lebih menyenangkan dan lainnya.

Selain itu, Saltz menyarankan untuk mencari kebahagiaan dengan cara membahagiakan orang lain, misalnya dengan berbagi bersama anak panti asuhan, dan orang kurang beruntung lainnya.

Terhubung kepada orang-orang yang kurang beruntung akan membuat kamu merasa punya kehidupan yang lebih baik, sekaligus akan membuatmu lebih banyak bersyukur. Pada gilirannya, kebiasaan ini akan membuatmu merasa lebih bahagia saat melihat mereka bahagia.