Pendidikan karakter bagi anak-anak harus dilakukan sejak dini. Salah satu sikap yang dapat Milk Lovers terapkan untuk sang buah hati adalah menghormati dan menghargai orang lain; entah untuk yang seusia, lebih tua atau muda darinya. Ada banyak metode yang dapat Milk Lovers terapkan agar anak memahami sekaligus sanggup menerapkan sikap tersebut, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Berikan Anak Contoh

Orangtua adalah contoh pertama yang diperhatikan anak-anaknya. Jika Milk Lovers ingin sang buah hati menjadi pribadi yang baik, maka jadilah contoh teladan baginya. Misalnya, gunakan kata-kata yang halus dan sopan saat meminta anak untuk melakukan sesuatu.

Bina Secara Langsung

Supaya penerapannya berjalan lancar dan sesuai ekspektasi, maka Milk Lovers harus mendampingi anak secara langsung. Ajari dia untuk membiasakan diri dalam menyapa, mengucapkan terima kasih dan salam dengan memakai bahasa santun dan sesuai usianya.

Bersikap Bijak pada Anak

Anak memang sering melakukan kesalahan, tetapi bukan berarti Milk Lovers menjadi merasa superior terhadap sang buah hati. Sebelum memutuskan sesuatu, tanyakan terlebih dahulu alasannya melakukan kesalahan tadi. Baru setelah itu buat kesepakatan yang tidak memberatkan kedua belah pihak.

Memberikan Pemahaman

Di usianya yang masih muda, anak juga ingin mengetahui alasan dari hal-hal yang diajukan orangtuanya. Dalam hal ini, Milk Lovers juga harus bisa menjelaskan pemahaman dan alasan mengapa dia harus bisa menghargai dan menghormati orang-orang di sekitarnya.

Ajari Cara Meminta Maaf

Selain meminta anak mengakui kesalahan yang dia perbuat, Milk Lovers juga harus mengajarinya untuk meminta maaf kepada orang lain. Di sisi lain, kalau Milk Lovers yang melakukan kekeliruan, jangan takut untuk mengakui dan meminta maaf kepada sang buah hati.

Memberikan Penghargaan

Anak-anak biasanya paling semangat saat mereka diiming-imingi hadiah atau reward. Milk Lovers tidak ada salahnya untuk menerapkan cara ini supaya anak-anak mau menerapkan sikap-sikap postif. Namun pastikan dia melakukannya sesuai kesadaran pula, bukan sekadar ada hadiah semata.

Ajari Makna Perbedaan

Beda gagasan, bahasa, agama, dan lain sebagainya kerap memicu perselisihan di masyarakat. Hal tadi pun umumnya disebabkan kurangnya rasa menghargai dan menghormati. Sebelum terjadi, Milk Lovers harus mengajari anak tentang makna perbedaan yang kelak dia temui dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga Milk Lovers dapat menerapkan informasi ini untuk membimbing sang buah hati!