Mungkin ada dari Milk Lovers yang pernah memanaskan susu sampai mendidih sebelum dikonsumsi. Sangat cocok memang susu panas dikonsumsi saat musim hujan, tapi ternyata  ternyata memanaskan ada pendapat yang mengatakan bahwa susu sampai mendidih itu kurang baik karena ada beberapa nutrisi baik dalam susu yang hilang.

Benarkah susu tidak boleh dipanaskan?

Dilansir dari laman situs okelifestyle, seorang Ahli Nutrisi, Emilia E Achmadi, mengungkapkan, sebaiknya susu jangan dipanaskan. Kenapa tidak boleh panaskan? Karena bisa merusak vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu.

Emilia menjelaskan, susu cair, seperti susu UHT, sudah diproses secara aman dan tinggal diminum. Temperatur suhunya juga sudah diatur supaya bakterinya mati. Jika susu dipanaskan sampai mendidih bisa merusak vitamin B12 dan asam folat. Dua nutrisi ini bermanfaat untuk kecerdasan otak dan memperkuat otot-otot.

Tapi ingat, jika Milk Lovers ingin mengkonsumsi susu sapi murni yang baru diperah, harus dididihkan terlebih dahulu dengan suhu yang tepat. Jika tidak, bakteri dari susu murni yang baru diperas itu justru bisa menyebabkan penyakit.

Menurut Emilia, susu murni yang baru diperah pasti mengandung bakteri karena biasanya kondisi kandang sapi yang diperah susunya kotor. Karena itu harus dilakukan sterilisasi supaya tidak menyebarkan bakteri yang memicu penyakit.