Milk Lovers, mengkonsumsi susu tentu sudah menjadi rutinitas harian yang tidak boleh dilewatkan. Selain citarasanya yang lezat, susu juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan meliputi mineral, protein, seng, kalsium, kasein, fosfor, lemak, vitamin A, B, C, dan vitamin D. Jenis susu yang umum dikonsumsi adalah susu sapi dan susu kambing.

Kreativitas di bidang kuliner saat ini telah mencoba memadupadankan susu dengan berbagai bahan lainnya termasuk teh dan kopi. Hal itu dilakukan untuk menghasilkan citarasa yang unik dan lain daripada yang lain. Namun apakah minuman tersebut bermanfaat untuk tubuh ketika dikombinasikan?

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam the sangat bermanfaat untuk tubuh. Tetapi jika teh dicampur dengan susu, hal ini menyebabkan zat protein dan kalsium yang terdapat pada susu menurunkan kualitas manfaat dari senyawa teh. Pada dasarnya, senyawa yang terdapat di dalam teh dan kandungan nutrisi di dalam susu tidak akan pernah bisa bersatu untuk meningkatkan manfaat dan kualitasnya bagi kesehatan tubuh.

Jika Milk Lovers ingin minum susu, sebaiknya jangan dicampur dengan teh supaya nutrisi yang terdapat di dalam susu dapat terserap oleh tubuh dengan baik. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa minum susu dicampur teh setiap hari dengan porsi berlebih akan menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh termasuk serangan jantung mendadak, merusak daya tahan tubuh, pembentukan batu ginjal, dan serangan radikal bebas.

Mengkonsumsi susu dicampur teh setiap hari selama bertahun – tahun berdampak buruk bagi tubuh. Pasalnya nutrisi di dalam susu akan menghilangkan senyawa catechin dari teh. Keistimewaan dari catchein adalah dapat melindungi jantung dari berbagai gangguan seperti serangan jantung mendadak. Jika teh dicampur susu, maka manfaat untuk mencegah serangan jantung mendadak menjadi hilang dan justru dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Selain itu, kandungan protein dan kalsium pada susu juga akan berubah menjadi racun ketika dipadukan dengan teh. Hal ini akan memicu pembentukan batu ginjal pada urin dan menyebabkan seseorang sulit buah air kecil.

Lantas, bagaimana jika susu dicampur dengan kopi? Ini adalah kombinasi yang sudah lama populer dan memiliki banyak peminat sampai saat ini. Susu memang dikenal baik untuk kesehatan tulang karena kaya akan kalsium. Tetapi susu juga dapat memicu osteoporosis jika dicampur dengan kopi. Hal ini karena kopi akan menghambat penyerapan kalsium.