Ada banyak alasan kenapa kita sangat membenci jerawat, salah satunya karena dia bisa tumbuh dimana saja, termasuk di area punggung. Memang tersembunyi sih, tapi tetap saja sangat mengganggu dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Nah buat yang ingin terbebas dari jerawat di punggung, sebaiknya hindari 7 kebiasaan buruk berikut ini, seperti dilansir dalam Men's Fitness.

Menggunakan pakaian penuh keringat lebih dari 15 menit

Keringat yang menempel di pakaian, akan berkolaborasi dengan bakteri hingga akhirnya menyebabkan jerawat. Makanya Milk Lovers, sebaiknya segera buka pakaian yang penuh keringat sesaat setelah beraktivitas, kemudian ganti dengan pakaian yang kering atau segera mandi. Kalaupun tidak memungkinkan, keringkan badan anda yang berkeringat sebelum kering.

Memilih pakaian olahraga yang keliru

Ada beberapa jenis bahan pakaian olahraga yang bisa membuat kulit sulit bernapas, salah satunya bahan spandex. Bahan ini sebaiknya dihindari karena bisa mengikat keringat dan memicu kelembapan, sehingga jerawat pun mudah timbul.

Kenakan pakaian olahraga 2 kali tanpa dicuci

Kebanyakan pakaian olahraga bersifat menyerap keringat. Makanya, setelah selesai menggunakannya, sebaiknya buka dan ganti dengan yang baru, walaupun pakaian tersebut terlihat masih bersih dan cukup kering. Menggunakan pakaian olahraga bekas pakai justru akan membuat jerawat mudah tumbuh.

Punggung terlewat dibersihkan

Punggung merupakan salah satu daerah yang kerap luput dari perhatian saat mandi. Padahal, daerah ini sama-sama dihuni oleh kotoran, keringat, tumpukan sel kulit mati, atau bahkan bakteri. Jika tiap mandi selalu lupa membersihkan punggung, siap-siap saja jerawat pun akan menyerang.

Enggan gunakan scrub

Terlalu banyak menggunakan scrub memang tidak baik, tapi tidak pernah menggunakan scrub pun bukan ide yang baik. Setidaknya 1 bulan sekali kamu harus melakukan kegiatan scrubbing, terutama untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang tersembunyi di pori-pori kulit.

Mencukur rambut punggung dengan teknik keliru

Biasanya ini terjadi di area tengkuk, dimana banyak rambut halus tumbuh di sana. Agar tidak tumbuh jerawat, sebaiknya cukur rambut sesuai dengan arah pertumbuhannya, gunakan pisau cukur tunggal, bersih dan tajam. Dengan cara ini, kulit tidak akan terganggu dan jerawat pun tidak akan menghampiri.

Tak bersihkan pisau cukur usai dipakai

Atas nama penghematan, biasanya pisau cukur akan digunakan secara berulang. Boleh-boleh saja hal ini dilakukan, tapi pastikan kamu membersihkan pisau cukur tersebut dengan maksimal. Jangan sampai sisa potongan rambut, kotoran dan lainnya masih menempel di sana.

Gimana Milk Lovers, sudah tahu kan apa saja yang harus dijauhi? So, rawatlah diri dengan baik agar kamu bisa selalu terlihat ganteng/cantik maksimal. Selamat mencoba!