Apakah Milk Lovers bertanya-tanya jika bayi yang menggigit putih payudara dapat mengurangi Gumoh? Gumoh merupakan suatu kondisi dimana keluarnya cairan susu atau makanan yang baru saja di telah oleh sang bayi. Pada dasarnya, gumoh tidak hanya mengeluarkan makanan ataupun susu saja, namun juga bisa diiringi batuk, tersendak, menangis saat menyusui, sendawa atau cegukan hingga menolak makan. Kondisi ini sering terjadi saat bayi berusia di bawah satu tahun.

Perlu Milk Lovers ketahui, sebenarnya kondisi gumoh yang sering dialami oleh bayi ini tidak membahayakan dan tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun begitu, ada baiknya Milk Lovers memahami kondisi gumoh nomal dan gumoh yang patut diwaspadai. Gumoh biasanya terjadi karena kerongkongan bayi belum sepenuhnya berkembang dan ukuran lambung bayi yang masih kecil.

Umumnya, gumoh ini akan menghilang saat bayi berumur satu tahun karena cincin otot di dasar kerongkongannya sudah bisa berfungsi dengan baik. Sehingga setiap makanan yang masuk ke dalam perut bayi tidak akan mudah keluar.

Namun perlu diketahui, jika menunggu usia bayi hingga satu tahun agar bisa menghilangkan gumoh memang agak mengkhawatirkan. Apalagi jika kondisi bayi tidak tumbuh dan berkembang dengan baik, sering rewel serta sistem pernapasan bayi tidak bisa berfungsi karena adanya gangguan. Oleh karena itu, sebaiknya Milk Lovers segera mengatasi kondisi gumoh yang dialami oleh bayi tersebut.

Menggigit Puting Payudara Langkah Tepat Untuk Mengurangi Gumoh

Sebenarnya gumoh dapat dikurangi secara cepat, tanpa perlu menunggu bayi berusia satu tahun. Untuk mengurangi gumoh juga bisa dilakukan dengan cara menggigit puting payudara oleh bayi. Hal ini juga sudah dijelasakan dalam buku Segala Yang Perlu Diketahui Soal Menyusui (The Ultimate Breastfeeding Book of Answers) yang dituliskan oleh Dr Jack Newman dan Teresa Pitman , seorang dokter Spesialis Anak dan Ahli Laktasi Internasional.

Dalam buku tersebut dikatakan jika gumoh yang berlangsung setelah satu jam sang bayi menyusui, maka bukan menjadi persoalan yang salah. Selain itu, di buku ini juga menerangkan jika Gumoh bisa dikurangi dengan cara membiarkan sang bayi menghabiskan ASI pada satu payudara. Setelahnya membiarkan sang bayi untuk menggigit-gigit puting payudara sampai bayi melepaskan sendiri dirinya dari payudara. Dengan menerapkan metode ini maka dapat membuat gumoh yang pada bayi bisa berkurang.

Demikianlah, bagi Milk Lovers yang bertanya-tanya benarkah bayi yang menggigit puting payudara bisa mengurangi gumoh? Ternyata ungkapan tersebut benar adanya, jika gumoh bisa berkurang dengan cara menggigit putih payudara. Untuk itu, bagi Milk Lovers yang memiliki bayi sering gumoh maka bisa membiarkan bayi menggigit puting payudara hingga si bayi tersebut melepaskan dirinya dari payudara.