Ask The Expert

Pertanyaan

Apakah baik anak masih minum ASI hingga usia 3 tahun?

Nadia Susan 9 bulan lalu

Bagaimana jika anak masih tetap minum asi saat usia 3th, benarkah kandungan gizi menurun ?


Pakar Menjawab
dr. Gwenda Dellagusta Senin, 29 Oktober 2018

Selamat pagi. 

Kandungan nutrisi dalam ASI akan tetap baik dan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak, asal disertai dengan nutrisi dari makanan lain.

Akan tetapi, yang perlu dikhawatirkan adalah efek pada psikologis anak. Jika di usia 3 tahun anak masih menghisap atau mengenyot (menyusu, mengempeng, hisap jempol atau ngedot), dikhawatirkan anak akan mengalami masalah dalam berpikir, mengambil keputusan, dan masalah kemandirian saat dia beranjak dewasa.

Berikut beberapa cara untuk mulai menyapih anak tanpa paksaan agar anak siap untuk disapih:

  • Mulailah perlahan-lahan. Memulai penyapihan secara bertahap tidak hanya bermanfaat untuk anak, tapi juga untuk Anda. Mengurangi frekuensi menyusui secara perlahan akan membuat ASI berkurang secara bertahap. Pengurangan perlahan ini penting untuk mengurangi risiko payudara bengkak dan nyeri.
  • Akan lebih mudah untuk memulai usaha menyapih di siang hari karena anak biasanya menyusu di pagi dan malam hari untuk kenyamanan. Cara menyapih Anak bisa dimulai secara bertahap dengan berhenti menyusuinya di siang hari, menggantinya dengan makanan padat, tapi tetap memberikan ASI di malam hari.
  • Mulailah dengan mengganti satu waktu pemberian ASI dengan susu botol atau cangkir dalam satu hari. Tetaplah ikuti jadwal yang sama selama seminggu. Kemudian minggu berikutnya tambahkan waktu saat Anda memberikan susu botol dan kurangi pemberian ASI secara langsung. Bayi satu tahun ke atas dapat diberikan susu sapi sebagai ganti ASI.
  • Jika bayi biasa menyusu sebelum tidur, cobalah untuk menidurkannya tanpa disusui secara bertahap. Ciptakan ritual menyenangkan lain sebelum tidur, seperti membacakan buku cerita, memeluk atau membelainya.
  • Selain berhenti menyusu ASI secara langsung, selanjutnya anak sebaiknya juga berhenti mengonsumsi susu botol untuk menghindari kerusakan gigi. Hindari membiarkan bayi tidur, merangkak, atau berjalan dengan membawa botolnya ke mana-mana.
  • Mulai gunakan cangkir lebih sering dibandingkan botol. Tempatkan lebih banyak air dalam cangkir dibandingkan dalam botol. Cara lain, tempatkan minuman yang disukai anak ke dalam cangkir dan tempatkan yang tidak begitu dia sukai di dalam botol. Misalnya menempatkan susu dan jus (untuk bayi di atas 6 bulan) dalam cangkir dan air mineral saja dalam botol.
  • Peluk dan sentuh anak lebih sering agar dia tidak merasa diabaikan setelah tidak disusui.

Semoga dapat membantu dan sehat selalu. 

Pertanyaan Lainnya

Batas minum susu

ada ngga sih batasan bagi kita untuk minum susu dalam satu hari? dan jika melampaui batas, apa akibatnya?

Atsirudy Wibowo 9 bulan lalu
Agar tidak mudah tertular dan pilek

Anak saya selalu terkena flu karena tertular di sekolah, bagaimana cara mencegahnya,karena saya telah memberi multivitamin dll tetapi tetap tidak berhasil.

Nadia Susan 9 bulan lalu
Menghitung kebutuhan kalori harian

Bagaimana menghitung kebutuhan kalori yang harus saya makan tiap hari ?

Nadia Susan 9 bulan lalu
Apakah pneumonia menular?

Apakah pneumonia menular?

Nadia Susan 9 bulan lalu
Penyebab stroke

penyebab stroke apa?

Lia Rusliani 9 bulan lalu

Ayo bertanya seputar kesehatan ke pakarnya!

Konsultasikan Kesehatan dan Nutrisi Milk Lovers bersama dr. Gwenda Dellagusta.