Pertumbuhan gigi susu pada anak adalah hal lumrah, tetapi bukan berarti Milk Lovers mengabaikannya. Seperti halnya pada orang dewasa, si Kecil juga rentan mengalami gangguan kesehatan pada gigi, salah satunya adalah gigi berlubang.

Sayangnya, tak semua orangtua menyadari pentingnya perawatan gigi pada anak karena beranggapan gangguan pada gigi akan sembuh sendiri. Padahal, membiarkan gigi susu berlubang akan menyebabkan macam-macam masalah seperti:

  • Gigi Tumbuh Berantakan

Gigi susu memang tak akan menetap permanen seperti gigi tetap, tetapi kemungkinannya tanggal akan tetap ada. Apalagi kalau gigi susu berlubang, sebab bakal berisiko merusak tulang rahang si Kecil, lho. Dampak jangka panjangnya pun mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen. Akibat tempatnya yang mengecil, deretan gigi tetap bakal tumbuh dalam susunan tidak teratur. Akan ada gigi yang tumbuh ke samping, ke depan, belakang, dan arah lainnya.

  • Berkurangnya Asupan Nutrisi

Ketika sakit gigi, Milk Lovers pasti mengalami penurunan nafsu makan, bukan? Tubuh pun terasa lemas gara-gara kurang asupan nutrisi. Hal ini juga berlaku pada si Kecil yang gigi susunya berlubang dan tidak segera ditangani. Milk Lovers pasti bakal kerepotan saat memberinya makan karena si Kecil kesakitan. Jika sudah begini, nutrisi harian yang diperlukan anak bakal menurun, padahal mereka sedang berada di masa tumbuh kembang.

  • Mengubah Struktur Rahang

Lubang pada gigi yang tak segera ditangani dokter umumnya meninggalkan lubang kecokelatan atau malah menghitam dan melebar ke bagian gigi lain yang sehat. Hal ini sangat umum terjadi pada gigi yang mengalami pengeroposan. Membiarkannya jelas akan menimbulkan dampak negatif yang lebih parah, yakni pembusukan sampai perubahan pada struktur rahang. Oleh karena itu, penting untuk membawa si Kecil ke dokter untuk menerima pemeriksaan yang layak.

  • Mengganggu Organ Tubuh Lainnya

Satu alasan kuat yang membuat Milk Lovers tak boleh menyepelekan lubang pada gigi susu si Kecil adalah potensinya mengganggu organ tubuh lain. Bagaimana bisa? Lubang pada gigi berpotensi memicu infeksi pada jaringan tubuh dan menyebar ke organ lain. Kasus seperti infeksi telinga sering kali diawali dari gangguan kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, ada juga periodontitis yang membuat gusi memerah hingga menyebabkan penyakit.

  • Menimbulkan Nyeri Parah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Milk Lovers, gigi susu berlubang pasti menimbulkan nyeri. Tingkatnya pun bervariasi, dari sakit berdenyut sampai yang bisa membuat si Kecil menangis. Perlu Milk Lovers ingat bahwa rasa sakit termasuk cara tubuh untuk memberitahu ada yang tak beres dengan organ tubuh tertentu. Ada baiknya Milk Lovers membawa si Kecil segera ke dokter. Untuk mencegahnya, ajari si Kecil untuk rajin sikat gigi setiap hari, ya.