Imejnya sebagai pusat pemerintahan sekaligus kota metropolitan membuat Jakarta dekat dengan kesan modern nan canggih. Meski begitu, Jakarta ternyata masih mempertahankan beberapa destinasi wisata bernilai historis bagi Milk Lovers yang menyukai sejarah. Penasaran? Berikut lima tempat wisata sejarah di Jakarta yang bakal mengingatkan Milk Lovers dengan zaman kolonial Belanda!

Kota Tua

Kawasan wisata yang dulu dikenal dengan nama Kota Lama Benedenstad ini adalah kawasan historis yang selalu ramai dikunjungi. Milk Lovers dapat menelusuri sejarah di Museum Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua. Napak tilas dengan bersepeda atau ngemil kerak telur dijamin bakal membuat pengalaman Milk Lovers makin mengesankan.

Weltevreden

Weltevreden yang bertempat di Jakarta Pusat pernah jadi pusat pemerintahan Batavia gara-gara buruknya tata kota di Kota Lama. Sekarang di kawasan wisata ini Milk Lovers bisa mengunjungi tempat-tempat menarik seperti Rumah Raden Saleh, Tugu Proklamasi, Gedung Kesenian Jakarta, dan Museum Kebangkitan Nasional (bekas Gedung Stovia).

Jatinegara

Selanjutnya ada Jatinegara yang pada zaman kolonial dijadikan gerbang Benteng Belanda Meester Cornelis yang menjadi penghubung ke Buitenzorg (sekarang Bogor). Dari Jatinegara, Milk Lovers juga bisa meneruskan perjalanan ke Pasar Lama atau Pasar Meesterm Masjid Jami’ Al Anwar, hingga ke Kelenteng Amurva Bhumi.

Kampung Tugu

Bisa dikatakan Kampung Tugu yang bertempat di Jakarta Utara adalah salah satu jejak sejarah bangsa Portugis saat singgah di Batavia. Kawasan ini dikembangkan tawanan perang keturunan Portugis dari Malaka yang lantas disentralisasi Hindia Belanda. Milk Lovers masih bisa menyaksikan tradisi yang oleh para warganya dilestarikan, sebut saja rebo-rebo dan makan bersama di rumah terakhir yang ditempati.

Blok M

Tahukah Milk Lovers kalau Blok M merupakan kota satelit yang Belanda rancang pada 1940 silam? Maka bukan hal aneh bila Milk Lovers menemukan sisa-sisa sejarah saat mengunjungi Blok M mengingat dulu Belanda begitu terobsesi menjadikannya sebagai pemukiman baru. Ketika melipir ke Blok M Square, Milk Lovers juga bakal disuguhkan pemandangan toko buku bekas hingga vinyl yang layak dijadikan koleksi.

Kira-kira, tempat bersejarah mana yang bakal Milk Lovers kunjungi saat menyambangi Jakarta? Jangan lupa siapkan kamera juga, ya, untuk mengabadikan sudut-sudut menarik yang amat kontras dengan sisi modern ibukota. Semoga liburannya menyenangkan, Milk Lovers!