Haid pertama merupakan hal yang sangat menegangkan bagi anak perempuan. Umumnya, mereka akan merasa sangat rasa takut dan panik jika apa yang dialaminya (keluar darah haid) merupakan hal yang berbahaya, atau malu karena teman-temannya belum mengalami hal ini.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? Tenang saja, Milk Lovers bisa melakukan beberapa trik berikut ini untuk mencegah panik saat haid pertama datang.

Cari Informasi

Di era digital seperti sekarang ini, sebenarnya bukan hal sulit untuk menemukan informasi yang kita butuhkan terkait kesehatan reproduksi. Kamu bisa mencari informasi di dunia maya dari sumber terpercaya, atau bertanya langsung kepada orangtua.

Cobalah untuk bertanya tentang menstruasi, kapan itu terjadi, dan apa yang harus dilakukan saat hal itu datang. Dengan informasi yang cukup, kamu akan merasa lebih siap untuk menghadapinya.

Yakinkan Ini Normal atau Wajar

Keluar darah dari organ intim tentu merupakan hal yang menakutkan. Saat ini terjadi, segera laporkan kepada orangtua (Ibu) apakah yang kamu alami ini normal atau tidak. Jangan ragu, mereka merupakan orang terbaik untuk dijadikan sebagai tempat bercerita, bertanya, bahkan berkeluh kesah.

For Your Information, menstruasi pertama biasanya datang mulai usia 9 tahun. Tapi karena beberapa faktor, termasuk faktor hormonal, kini banyak anak perempuan yang sudah sudah haid sejak usia 7 tahun.

Segera Beli Pembalut

Harga pembalut di pasaran sangat murah, dan mudah didapat. Tentu bukan hal yang sulit jika kamu langsung membeli pembalut sendiri dari sisa uang jajanmu. Selain itu, cara memasang pembalut pun sangat mudah, tinggal ikuti saja instruksi yang tertera pada kemasan pembalut tersebut.

Agar lebih tenang, sambil berkonsultasi tentang haid dan kapan ini terjadi, kamu pun bisa meminta mereka (Ibu) untuk mengajarkan bagaimana cara memilih dan memasang pembalut yang baik.

Persiapkan Diri Selama Haid

Ada banyak hal yang akan terjadi selama haid, dari mulai perubahan mood yang tidak menentu (mood swing), tubuh yang merasa lebih lelah dan lainnya.

Selain itu, Milk Lovers pun harus siap dengan beberapa perubahan yang akan terjadi, seperti payudara yang mulai membesar, muncul jerawat dan tubuh yang mulai berbentuk. Semua ini merupakan tanda jika kamu sudah mulai memasuki fase remaja, dan siap meninggalkan masa anak-anak.

Jadi, jangan panik yah Milk Lovers!