Di bulan kehamilan yang ke-9, wajar kalau segala hal yang berbau kontraksi akan langsung jadi pusat perhatian. Bahkan karena kurangnya informasi, sangat sedikit ibu hamil yang tahu bahwa kontraksi ada dua jenis, yang asli dan yang palsu.

Milk Lovers, Hiks atau yang lazim disebut kontraksi timbul karena adanya peregangan dinding rahim. Hal ini biasanya disebabkan karena gerakan atau tendangan bayi dalam kandungan. Selain itu, kontraksi pun bisa terjadi karena aktivitas fisik yang terlalu berat dan beberapa penyebab lainnya.

Buat Milk Lovers yang kehamilan kali ini merupakan pengalaman pertama, tentu tidak akan bisa membedakan mana kontraksi asli yang menjadi salah satu tanda persalinan, dan mana kontraksi palsu atau yang kerap disebut dengan istilah Braxton Hiks.

Biar nggak salah antisipasi, berikut merupakan perbedaan antara kontraksi asli dan kontraksi palsu.

Kontraksi Palsu

  • Rasa mulas yang datang tidak disertai rasa nyeri. Biasanya terjadi mulai dari bagian atas rahim, kemudian turun ke bawah.
  • Biasanya terjadi di trimester kedua atau sekitar 20 minggu usia kehamilan. Dalam beberapa kondisi, kontraksi palsu bisa terjadi di awal kehamilan, hingga usia kehamilan 40 minggu.
  • Kontraksi akan berlangsung kurang lebih 20 detik. Dalam beberapa kondisi, bisa juga terjadi hingga 2 menit atau bahkan lebih.
  • Hanya terjadi 1-2 kali per hari, serta tidak mengalami penambahan.
  • Jika Milk Lovers mengubah posisi, baik itu duduk, berdiri atau berbaring, biasanya kontraksi ini akan segera hilang.

Jangan khawatir Milk Lovers, kondisi ini terbilang normal. Untuk mengalihkan rasa tidak nyaman karena kontraksi ini, sebaiknya usahakan untuk menenangkan diri, dan banyak mengubah posisi. Kalau terasa semakin menjadi, segera hubungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Kotraksi Asli

  • Rasa mulas biasanya disertai dengan nyeri di bagian pinggang hingga bagian perut bawah.
  • Kondisi ini biasanya terjadi di usia kehamilan sekitar 27-40 minggu. Walaupun begitu, dalam beberapa kondisi bisa terjadi lebih awal.
  • Awalnya terasa sekitar 30-60 detik. Selain itu, kontraksi akan terasa muncul dalam durasi sekitar 75 detik di masa fase persalinan aktif.
  • Awalnya kontraksi terjadi sekitar 10 menit sekali, setelah itu akan makin kuat dan semakin sering dan terasa makin kuat. Kondisi ini diperkuat dengan adanya cairan yang keluar dari vagina.
  • Kontraksi tidak akan hilang walaupun Milk Lovers berubah posisi.

Jika kondisi ini mulai terasa, segera pergi ke dokter atau bidan untuk segera mendapatkan penanganan, terlebih ketika dari vagina sudah keluar lendir agak kental dan bercampur sedikit darah, kantung ketuban pecah yang diikuti dengan keluarnya air ketuban dan kondisi lainnya yang merupakan tanda persalinan.