Meski stres terbukti memberikan pengaruh terhadap performa kerja, kenyataannya belum semua orang mengetahui dampak serius dari gangguan tersebut. Stres yang dibiarkan tanpa penanganan akan berdampak juga pada kualitas hidup, lho, Milk Lovers. Bahkan kegiatan sehari-hari yang semestinya bisa cepat diselesaikan malah tertunda atau terbengkalai.

Reader’s Digest lantas memaparkan ada beberapa tanda atau gejala yang diperlihatkan tubuh saat terkena stres dalam jangka waktu lama, antara lain:

  • Berat Badan Berubah Drastis

Menurut dr. Shanna Levine, stres berpotensi mendorong produksi kortisol. Kondisi tersebut yang lantas akan mengubah proses metabolisme karbohidrat, protein, hingga lemak. Akibatnya, nafsu makan Milk Lovers bakal bertambah atau berkurang drastis yang ikut mempengaruhi bobot tubuh. Salah satu solusi yang dapat Milk Lovers lakukan untuk mengatasi perubahan berat badan yang tak biasa adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan sehat.

  • Munculnya Urticaria di Kulit

Tubuh yang mengalami stres akan mengeluarkan histamin yang diikuti sensasi gatal-gatal. Salah satu hal yang memicunya adalah menurunnya kekebalan tubuh akibat stres berlebih. Kulit Milk Lovers pun akan jauh lebih sensitif, hingga mudah bereaksi pada hawa panas, losion, maupun detergen hingga memicu urticaria pada kulit. Untuk meredakannya, kompres area kulit yang terkena urticaria dengan handuk yang direndam dalam air dingin. Antihistamin bisa Milk Lovers siapkan untuk berjaga-jaga.

  • Sulit Fokus atau Konsentrasi

Apa belakangan Milk Lovers butuh waktu lebih lama saat memusatkan perhatian pada pekerjaan? Hati-hati, bisa saja hal tersebut disebabkan stres berkepanjangan yang Milk Lovers alami. Kandungan kortisol yang terlalu banyak juga mengganggu daya ingat seseorang. Salah satu langkah cepat yang bisa Milk Lovers lakukan untuk mengatasinya adalah menjernihkan pikiran dengan latihan pernapasan atau jalan-jalan ke kawasan pedesaan untuk melihat pemandangan alam.

  • Sering Sakit Kepala

Adalah hal yang normal apabila otot mengalami ketegangan saat Milk Lovers stres. Namun, kalau lama-lama dibiarkan, stres tadi akan memicu sakit kepala. Milk Lovers yang punya riwayat migrain pasti akan merasakan gangguan menyakitkan saat sedang tertekan. Konsumsi ibuprofen adalah langkah tercepat yang bisa Milk Lovers lakukan untuk mengurangi ketegangan pada otot. Selain itu, mengoleskan minyak aromaterapi peppermint dan lavender pada kedua sisi dahi juga dianggap membantu.

  • Perut Asam atau Heartburn

Gejala terakhir yang menandakan kalau stres sudah mengganggu Milk Lovers adalah heartburn. Produksi asam cerna yang naik drastis akan membuat perut terasa tak enak dan agak panas. Stres juga yang acap kali melambatkan proses pengosongan lambung dari makanan yang Milk Lovers konsumsi. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan kontraksi akibat usus ‘mengerut’. Milk Lovers bisa segera mengatasinya dengan meminum teh jahe atau obat antasida.