Selain keju dan yoghurt, minuman probiotik merupakan salah satu produk turunan susu yang cukup populer. Minuman ini diolah dengan cara fermentasi menggunakan bakteri baik, seperti Lactobacillus, dengan fungsi untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna.

Milk Lovers, selain fakta tersebut, berikut merupakan beberapa fakta menarik lainnya tentang minuman probiotik yang wajib Anda ketahui.

Ternyata Memaksimalkan Pertumbuhan

Menurut dokter anak, Dr dr Ariani Widodo SpA(K), usus sehat seharusnya mengandung 60-70 persen sel imun, dan 100 triliun bakteri mikrobiota usus atau probiotik.  Jika jumlah ini tercukupi, maka kesehatan usus anak terjaga, dan pertumbuhannya pun jadi lebih optimal.

Minuman probiotik berfungsi untuk memproduksi biosurfaktan, yang merupakan komponen penghambat bakteri jahat menempel di ususu. Selain itu, minuman probiotik pun mampu memproduksi bakteriosin dan hidrogen peroksida, yang efektif mencegah anak dari sembelit.

Faktor yang Memengaruhi Jumlah Probiotik

Jumlah probiotik di dalam usus tidak selamanya stabil. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini, salah satunya karena konsumsi junk food, polusi udara, stres dan lainnnya.

Untuk menjaga jumlah probiotik dalam usus tetap stabil, disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih, makanan yang diolah dengan cara fermentasi, dan minuman probiotik setiap hari, termasuk yoghurt.

Tidak Ada Dosis Pasti

Pakar gizi Dr Zach Bush, CEO Biomic Sciences LLC dan Kiran Krishan, pakar mikrobiologi dari Silver Fern Barn, menjelaskan tidak ada overdosis untuk minuman probiotik. Tapi penggunaan jangka panjang akan mempersempit ekosistem bakteri yang berlawanan dengan kesehatan pencernaan dan usus.

Biasanya, seseorang yang mengalami overdosis minuman probiotik akan mengalami gangguan pencernaan, seperti buang air besar encer dan lainnya. Tapi jangan khawatir, itu normal dan bukan masalah besar. Untuk, konsultasikan dengan dokter berapa kebutuhan minuman probiotik Anda.

Bisa Dibikin Dari Susu UHT

Milk Lovers bisa membuat minuman probiotik sendiri dengan cara yang cukup mudah. Tinggal sediakan 1-2 liter Ultra Milk Full Cream, yang dicampur dengan air panas. Aduk susu hingga rata, dan campurkan dengan yoghurt plain sebagai biangnya.

Setelah itu, masukkan bahan minuman probiotik ini ke dalam wadah kedap udara (pastikan wadahnya bersih), kemudian dinginkan. Keesokan harinya, Milk Lovers akan menemukan minuman probiotik siap santap. Agar rasanya lebih lezat, bisa ditambah sari buah atau perasa tambahan. Selamat mencoba!