Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, dari 3256 relawan yang terlibat dalam penelitian ini, ternyata 30 persen dari mereka mengalami kerusakan dan penurunan fungsi ginjal setelah mengonsumsi minuman bersoda, setidaknya 2 kali sehari.

Selain itu, masih banyak dampak buruk lainnya yang diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi minuman berbahaya ini. So, sebelum semuanya terlambat, Yuk hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda, dengan beberapa trik berikut ini, seperti dilansir dalam CNN.

Minum air

Saat keinginan untuk mengonsumsi minuman bersoda datang, sebaiknya ambil segelas air putih dan minumlah sebagai pengganti minuman bersoda. Dengan cara ini, Anda akan merasa lebih kenyang dan rasa haus pun akan hilang. Bonsunya, kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda pun bisa ditekan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi air putih dengan tambahan air perasan lemon, potongan buah stroberi, kiwi, tomat dan lainnya. Sesuaikan saja dengan selera!

Minum susu

Selain air putih, Anda pun bisa mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman bersoa dengan susu. Caranya sama, cuma yang harus diperhitungkan adalah waktunya.

Anda bisa mengonsumsi susu sebanyak 2-3 kali sehari, misalnya di sela sebelum jam makan dimana biasanya keinginan mengonsumsi minuman bersoda timbul, atau saat sore hari menjelang makan malam. Minum susu bisa jadi kombinasi sempurna sebagai sisipan minum air putih.

Cari penggantinya

Selain tinggi gula, minuman bersoda pun mengandung kafein yang sangat tinggi. Kafein inilah yang akan membuat Anda tetap terjaga dan fokus.

Nah, jika selama ini Anda mengandalkan minuman bersoda saat bekerja untuk membantu tetap fokus, cobalah untuk menggantinya dengan minuman yang sama-sama mengandung kafein, tapi tidak mengandung gula tinggi dan soda. Contohnya teh hijau atau kopi tanpa gula.

Atasi kebosanan

Biasanya keinginan untuk menyantap minuman bersoda akan datang saat rasa bosan tiba. Untuk mengatasinya, sebaiknya carilah kegiatan positif untuk mengatasi masalah kebosanan, seperti dengan membaca buku, mendesain dan kegiatan lainnya.

Selain itu, mengatasi kebosanan pun bisa dilakukan dengan kegiatan outdoor, seperti berjalan kaki di taman, hiking, atau bersepeda keliling kampung.