Masuk angin sejatinya bukan penyakit, melainkan hanya kumpulan gejala awal suatu gangguan kesehatan. Ketika tidak enak badan atau masuk angin, kita akan merasakan gejala perut kembung, mual, begah, pegal, linu, batuk, pilek, pusing, sakit kepala, sampai meriang.

Masuk angin bisa dialami siapa saja, termasuk pada ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. 

Lalu, kenapa saat hamil para wanita cenderung lebih mudah terkena masuk angin?

Dilansir dari laman situs Medical News Today, penyebab ibu hamil lebih mudah masuk angin adalah karena adanya pengaruh hormon. Pada trimester awal kehamilan, tubuh ibu hamil akan menghasilkan hormon progesteron dan estrogen yang lebih tinggi dibandingkan kondisi normal. 

Kedua hormon itu akan meningkat secara signifikan untuk menebalkan lapisan rahim, sebagai jalan untuk mempersiapkan pertumbuhan janin. Ketika progesteron naik, jaringan otot yang ada di dalam tubuh, termasuk di usus, akan menjadi lebih rileks, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lambat.

Sedangkan ketika estrogen naik, tubuh ibu hamil akan menyimpan air dan gas di perut sehingga menjadi lebih mudah merasa kembung atau mual, gejala mirip masuk angin, khususnya di masa awal kehamilan. 

Kemudian, proses pencernaan juga akan terpengaruh saat janin tumbuh semakin besar di trimester akhir kehamilan. Pertumbuhan janin akan mendesak organ-organ di sekitarnya dan bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan kelebihan gas di perut, gejala yang mirip masuk angin.

Adakah cara mencegah atau mengatasi masuk angin pada ibu hamil?

Ada beberapa cara yang bisa dicoba. Salah satunya adalah menjaga imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi (bergizi tinggi dan seimbang). Hindari juga makanan-makanan pemicu gas di perut. Supaya  tidak mudah masuk angin, ibu hamil sebaiknya makan dalam porsi kecil saja namun sering untuk mengurangi resiko gangguan pencernaan. 

Terakhir, tapi tak kalah penting, usahakan untuk rutin berolahraga ringan sepanjang kehamilan. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga imun tubuh supaya tidak mudah sakit, rutin berolahraga juga membantu melancarkan pencernaan.

Semoga informasinya bermanfaat dan untuk informasi yang lebih lengkap, Milk Lovers bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya, yaitu dokter spesialis kandungan.