Milk Lovers, anda pasti sudah sering mendengar istilah kerokan? Ya, salah satu pengobatan alternatif untuk mengatasi masuk angin ini tidak hanya populer di Indonesia. Di negara lainnya, khususnya di Asia, kerokan merupakan salah satu metode pengobatan yang lazim digunakan ketika masuk angin.

Misalnya saja di Vietnam, kerokan dikenal dengan nama cao giodi, sedangkan masyarakat Kamboja menyebutnya dengan nama goh kyol, dan di China dikenal dengan istilah gua sua. Khusus untuk di China, kerokan tidak menggunakan minyak dan koin, tapi menggunakan batu giok sebagai pengganti koin.

Lantas, apakah kerokan itu aman?

Walaupun dikenal sangat efektif untuk mengatasi gejala masuk angin, seperti perut kembung, mula, pegal linu dan bahkan flu, tapi kerokan juga diketahui memiliki banyak sekali efek samping. Salah satunya adalah dapat menimbulkan infamasi dan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Hal inilah yang membuat ketika anda selesai kerok, tubuh akan terasa lebih ringan dan tidur pun lebih lelap. Tapi besoknya, ketika anda kena hujan atau setelah bekerja hingga larut malam, tubuh akan lebih muda roboh dan masuk angin pun datang kembali.

Selain itu, ibu hamil pun sangat dilarang melakukan kerokan, hal tersebut karena kerokan disinyalir bisa menimbulkan kontraksi dini sebagai akibat dari munculnya zat prostaglandin. Kemungkinan besar kerokan pun dapat memperlebar pori-pori kulit, sehingga tubuh anda rawan disusupi bakteri dan virus.

Cara aman atasi masuk angin

Sebenarnya, masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis. Kondisi yang menggambarkan masuk angin, biasa dikenal sebagai gejala ulu ringan. Untuk mengatasinya, caranya cukup mudah, anda bisa menggunakan bawang merah sebagai alat kerokan.

Efek panas yang dihasilkan bawang merah, akan membuat gejala masuk angin ini lenyap seketika. Konsumsi makanan berkuah, minuman hangat seperti wedang jahe ataupun bandrek, merupakan salah satu ide bagus untuk mengatasi masalah masuk angin.

Selain itu, mandi air hangat dan konsumsi susu hangat sebelum tidur, merupakan salah satu cara untuk mengatasi masuk angin. Bonusnya, cara ini bisa membuat anda lebih tenang, dan tidur pun lebih lelap. Selamat mencoba!