Ibu hamil yang memiliki banyak aktivitas dan rutinitas pasti tidak menyenangkan bila mengalami morning sick atau mual di pagi hari, karena tentu akan mengganggu aktivitas. Ada beberapa penyebab kenapa Milk Lovers mengalami morning sickness.

Berubahnya Hormon

Penyebab pertama terjadinya morning sickness adalah perubahan hormon di dalam tubuh. Wanita hamil biasanya mempunyai hormon berbeda yaitu progesteron yang sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh wanita. Hormon progesterone adalah hormon pada wanita yang berperan penting terhadap pengaturan ovulasi dan menstruasi. 

Terjadinya Sensitivitas Indera Penciuman Yang Meningkat

Saat Milk Lovers hamil, sensitivitas indera penciuman pada ibu hamil akan meningkat. Indera penciuman ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh. Hormon estrogen adalah hormon yang penting untuk perkembangan seksual dan reproduksi, terutama pada wanita.

Reaksi Sistem Imun

Salah satu hal yang menyebabkan mual dan morning sickness adalah reaksi dari sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh pada wanita hamil seringkali memberikan reaksi penolakan terhadap sel – sel plasenta. Sel plasenta ini akan tumbuh dan berkembang di dalam tubuh ibu hamil karena dianggap asing dan berbahaya bagi kesehatan tubuh ibu hamil. Reaksi penolakan inilah yang menyebabkan terjadinya morning sickness. Biasanya ini terjadi pada trisemester pertama dimana sel plasenta menempel pada dinding rahim.

Stres

Ibu hamil biasanya susah mengendalikan stres di masa kehamilan. Stress ini bisa menyebabkan mual dan juga muntah. Ketika ibu hamil stress, maka organ di dalam tubuh akan bereaksi secara negatif.

Berubahnya Sistem Metabolisme Tubuh

Penyebab lainnya yang menyebabkan morning sickness adalah sistem metabolisme tubuh yang seringkali berubah saat Milk Lovers hamil. Metabolisme adalah sistem pertukaran zat di dalam tubuh. Kondisi ini akan melibatkan organisme di dalam tubuh. Tentu saja perubahan sistem metabolisme tubuh bagi ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama akan membuatnya merasa mual dan juga muntah.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapa ibu hamil sering mengalami morning sickness.