Milk Lovers, kemandirian untuk anak-anak perlu di ajarkan sedini mungkin. Walaupun demikian, banyak orang tua yang terkadang terlewat mengajarkan anak untuk mandiri karena beberapa alasan, di antaranya mereka terlalu sibuk untuk mengajarkan anak supaya bisa menangkap pelajaran yang bersifat akademik.

Selain itu, kebiasaan orang tua yang memberikan kasih sayang berlebih, di tenggarai menjadi penyebab kenapa anak terlambat untuk mandiri. Misalnya saja, ketika anak punya inisiatif untuk mengambil mainannya sendiri, anda langsung melarangnya dan malah mengambilkan mainan yang mereka inginkan.

Sikap memanjakan, atau terlalu melindungi seperti ini, malah akan menjadikan anak ragu untuk mengenal lingkungannya lebih jauh, dan selalu takut dengan hal-hal yang baru. Padahal dengan hal-hal yang baru, justru si kecil akan belajar mengenal lingkungannya, dan mempelajari hal-hal baru dari lingkungannya.

Membereskan mainan sendiri membuat si kecil mandiri

Seperti dilansir dalam parenting, salah satu cara paling mujarab untuk mengajarkan kemandirian kepada anak sejak dini adalah, dengan menyediakan tempat mainan khusus sesuai dengan kategori mainan tersebut. Misalnya saja, mainan yang terbuat dari kain di tempatkan dalam kardus berwarna hijau, mainan dari plastik ditempatkan dalam kardus warna merah, dan lainnya.

Dengan memberikan kategori dalam mainannya, si kecil nantinya akan di latih untuk tertib dan terbiasa untuk menyimpan sesuatu sesuai dengan tempatnya. Selain itu, cara ini pun efektif untuk mengajarkan kemandirian kepada si kecil, dengan cara menyenangkan, tanpa harus dilakukan pemaksaan.

Lindungi mereka tanpa harus mengurungnya

Satu prinsip yang harus di pegang oleh orang tua agar si kecil bisa berlatih mandiri adalah, lindungi si kecil tanpa harus mengurungnya. Dengan kata lain, prinsip tersebut mengajarkan kepada orang tua untuk terus menerus mengawasi si kecil, baik itu ketika bermain atau ketika mengeksplorasi lingkungannya, tapi tetap berusaha untuk mengurangi kalimat “Jangan”, “nggak boleh”, atau kalimat larangan lainnya.

Nah Milk Lovers, mulai sekarang yuk kita terapkan prinsip-prinsip pengasuhan yang tepat agar si kecil bisa lebih mandiri dan lebih bisa mengenal lingkungannya dengan baik. Selamat mencoba!