Perubahan kulit seiring bertambahnya usia sebenarnya adalah sesuatu yang wajar. Namun, bagi perempuan, hal tersebut kadang dianggap sebagai mimpi buruk, karena penampilan mereka terlihat lebih tua dibandingkan umurnya.

Salah satu fase yang membuat sejumlah perempuan cemas adalah saat umur mereka memasuki kepala tiga. Pasalnya menjelang usia 30 tahun, ada beberapa masalah kulit wajah yang perlu Milk Lovers waspadai, antara lain:

  1. Keriput dan Garis Halus

Ternyata Milk Lovers tak perlu menunggu sampai jadi nenek-nenek untuk punya keriput. Perempuan berisiko mengalami masalah kulit ini sejak usianya masih di bawah 30 tahun, lho. Keriput dan garis halus umumnya muncul di kening, bagian ujung luar mata, hingga garis senyum/sudut bibir. Penyebabnya pun beragam dari makanan yang kurang sehat, paparan sinar matahari, stres berkepanjangan, hingga produk perawatan yang tak sesuai jenis kulit.

  1. Kulit Mengusam

Menurut pakar estetika, kulit yang mengusam disebabkan penumpukan kotoran pada lapisan kulit yang tak terangkat secara menyeluruh. Milk Lovers juga rentan mengalami kulit kusam karena wajah yang tak dilindungi tabir surya, sehingga terkena langsung sinar UV dari cahaya matahari. Untuk mengembalikan kulit wajah cerah nan bersinar, aplikasikan produk yang sesuai. Pastikan juga kulit Milk Lovers terhidrasi dengan baik untuk menghindari penumpukan kotoran.

  1. Kulit Mengering

Masalah lainnya yang dikhawatirkan perempuan menjelang usia 30-an adalah kulit kering. Menurunnya produksi hyaluronic acid yang berperan sebagai pelembab kulit alami adalah salah satu faktornya. Selain itu, senyawa ini pula yang berfungsi menjaga kekenyalan kulit. Jika dibiarkan tanpa perawatan memadai, kulit wajah Milk Lovers akan kusam dan hingga iritasi. Menggunakan masker dan produk perawatan sesuai bakal mengembalikan elastisitas kulit Milk Lovers.

  1. Jerawat

Ya, faktanya jerawat tak hanya datang saat pubertas. Milk Lovers juga masih berpeluang mengalami gangguan tersebut meski sudah tak remaja lagi. Faktor penyebabnya beragam, dari fluktuasi hormon, asupan makan, hingga gaya hidup. Kandungan pada pembersih wajah pun kadang memicu munculnya jerawat kalau tak sesuai jenis kulit wajah. Mengatasi jerawat bervariasi, tergantung jenis kulit hingga penyebab lain seperti kebiasaan Milk Lovers menyentuh kulit wajah saat tangan kotor.

  1. Flek Atau Noda Hitam

Selain bekas jerawat dan luka, flek hitam pada kulit wajah juga bisa menjadi tanda kalau hati Milk Lovers mengalami gangguan. Perubahan hormon selama hamil dan hiperpigmentasi (produksi melanin berlebih) turut memicu kemunculan flek atau noda hitam. Dalam hal ini, Milk Lovers bisa mengatasinya dengan memakai masker dan mengaplikasikan tabir surya agar kulit terhindar dari serangan sinar UV. Pastikan juga Milk Lovers tak menggaruk jerawat yang meradang untuk mencegah flek hitam.