Kehilangan orangtua entah itu karena kematian ataupun perceraian menjadi kondisi yang sangat berat bagi para remaja. Kondisi ini begitu menyiksa yang lambat laun bisa memicu terjadinya stres dan kecenderungan untuk melakukan hal – hal diluar nalar. Bahkan kehilangan orang tua juga bisa meningkatkan resiko kebiasaan minuman keras dan merokok sejak usia dini. Kenapa bisa seperti ini? Apa saja hubungannya?

Kurangnya Pengawasan Orangtua

Kehilangan sosok orangtua berarti kehilangan pegangan hidup saat di dunia. Seringkali Milk Lovers menjadikan orangtua sebagai teman dalam kehidupan. Orangtua juga bertindak sebagai pengawas untuk kehidupan Milk Lovers yang lebih baik. Ketika Milk Lovers kehilangan orangtua, hal ini berarti kehilangan pengawasan orangtua sehingga Milk Lovers memiliki kecenderungan untuk melakukan sesuatu sembarangan dan sesuai dengan keinginan saja tanpa memikirkan baik dan buruknya suatu tindakan tersebut. Hal ini berlaku ketika Milk Lovers mulai tertarik dengan yang namanya rokok dan minuman keras dari orang lain. Ketika Milk Lovers tertarik, maka akan ada kecenderungan untuk mencicipinya. Setelah mencicipinya Milk lovers merasa ketagihan dan itu akan dilakukan terus menerus.

Sebagai Bentuk Pelampiasan

Hal ini amat berat terutama bagi para remaja yang masih mencari jati dirinya dan sangat labil. Ketika Milk Lovers kehilangan orangtua, pastinya akan merasa galau, takut, stres, dan depresi karena biasanya ada orangtua entah itu ayah atau ibu di sisi Milk Lovers. Biasanya orangtua mengarahkan langkah – langkah hidup Milk Lovers dan menjadi tempat curhat dan berbagi sehingga masalah di pikiran menjadi lebih ringan. Ketika orang tua tiada, maka Milk Lovers merasa ada sesuatu yang kurang. Milk Lovers menjadi stres, depresi, dan mencoba mengatasi rasa kehilangan dan masalah yang dihadapi dengan cara salah seperti merokok dan minum minuman keras. Hal ini sudah banyak ditemukan di masyarakat saat ini.

Perceraian dan kematian orangtua begitu menyesakkan remaja dan anak – anak. Kondisi ini juga menghadirkan luka yang membekas di sanubari sehingga berujung terganggunya kondisi emosional dan trauma pada anak – anak dan remaja. Remaja seringkali melampiaskan sesuatu masalah dengan cara yang kurang tepat seperti merokok dan minum alkohol. Kecenderungan ini masih ada bagi remaja yang kehilangan orangtua. Dan, jika tak diarahkan dengan benar, maka dikhawatirkan para remaja itu akan melakukan hal – hal yang lebih buruk dari minum alkohol dan merokok. Jadi, lebih baik segera berikan pencerahan pada remaja yang kehilangan orangtua.