Gangguan tidur seperti insomnia merupakan salah satu masalah populer yang berisiko mendatangkan dampak yang cukup serius bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian, 90%  orang yang mengalami insomnia, berisiko mengalami penyakit diabetes, hipertensi dan gangguan jantung.

Selain dampak buruk di atas, dilansir dalam Bright Side, berikut merupakan beberapa kondisi yang terjadi pada tubuh saat kamu mengalami insomnia.

1. Rentan Alami Kecelakaan

Menurut data yang didapat dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, menyebut jika mengantuk merupakan sumber terbesar kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban jiwa. Dari sekitar 100.000 kasus kecelakaan mobil, sekitar 7.000 diantaranya menyebabkan kematian.

Selain di jalan raya, insomnia pun meningatkan risiko kecelakaan di tempat lain, seperti tempat kerja, risiko cidera yang lebih besar saat berolahraga dan lainnya.

2. Proses Kognitif Lebih Lambat

Saat insomnia menyerang, pergerakan otak akan lebih lambat. Hal inilah yang membuat Anda akan cenderung sulit memproses informasi dan mencernanya. Insomnia pun akan membuat fungsi kognitif menurun sehingga Anda sulit mengingat informasi yang diterima.

Lebih parahnya lagi, insomnia dapat merusak konsentrasi, menurunkan tingkat kewaspadaan, dan membuat kamu sulit memecahkan masalah, baik di tempat kerja ataupun di sekolah.

3. Masalah Kesehatan Mental

Insomnia meningkatkan risiko depresi. Hal ini dibuktikan lewat sederet penelitian yang menyebut, orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam, 5 kali lebih besar berisiko mengalami depresi dan gangguan kecemasan, ketimbang mereka yang tidur cukup.

Depresi sendiri merupakan kondisi kejiwaan yang cukup berbahaya. Banyak penelitian yang mengungkap jika depresi terkait dengan penggunaan obat-obatan terlarang, masalah sosial, tindak kekerasan, hingga berisiko menyebabkan bunuh diri.

Trik Atasi Insomnia

Mengingat betapa bahayanya insomnia, sebaiknya segera atasi jika gejala insomnia mulai menyerang. Berikut merupakan beberapa trik untuk mengatasi insomnia.

1. Olahraga secara teratur, terutama di pagi dan sore hari. Disarankan tidak berolahraga di malam hari, apalagi mendekati jam tidur.

2. Lakukan meditasi, dan berlatih yoga.

3. Mandi air hangat sebelum tidur.

4. Sebelum tidur, konsumsi segelas susu UHT Ultra Milk Full Cream, boleh dihangatkan dulu.

Selain trik di atas, kamu pun sebaiknya membatasi waktu tidur siang agar di malam hari bisa tidur dengan nyenyak. Selamat mencoba Milk Lovers!