Mengingat pentingnya manfaat tidur untuk kesehatan, banyak orang yang belakangan ini berusaha mencari informasi lengkap untuk mengatasi masalah seputar tidur, dari mulai kebiasaan mendengkur, hingga cara terbaik untuk mengatasi masalah insomnia atau sulit tidur.

Khusus untuk insomnia, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, termasuk meredakan stress, mandi air hangat sebelum tidur, mengurangi konsumsi kafein, hingga segelas susu hangat sebelum tidur. Lantas, bagaimana dengan obat tidur?

Pada dasarnya, penggunaan obat tidur masih bisa dilakukan, dengan catatan Milk Lovers harus mengonsumsinya sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, konsumsi di saat Milk Lovers benar-benar membutuhkannya, dan dilarang keras bergantung kepada obat tidur.

Pasalnya, sebuah penelitian terbaru dari University of Washington Schoolf of Pharmacy, menyatakan jika rutin konsumsi obat tidur jenis tertentu, pil hayfever dan antidepresan, bisa menaikkan risiko Milk Lovers terserang penyakit alzheimer.

Profesor Shelly Gray, selaku ketua tim peneliti berhasil menemukan hubungan yang erat antara demensia yang dialami para orang tua, dengan penggunaan obat antikolinergik, termasuk antihistamin benadryl dan prition, antidepresan dan obat tidur nytol.

Menurutnya, obat-obat tersebut berpengaruh besar terhadap kinerja otak dengan memblokir asetikolin. Selain itu, seperti dilansir dari Daily Mail, ada beberapa kondisi yang semakin meningkatkan risiko serangan alzheimer, yakni:

  • Konsumsi obat doxepin anti-depresan 10 mg per hari.
  • Konsumsi Nytol dan Benadryl, masing-masing 4 mg per hari
  • Konsumsi oxybutynin (Ditropan) 5 mg per hari, terutama untuk kandung kemih yang aktif.

Selain itu, Profesor Shelly Gray pun menggarisbawahi jika risiko serangan alzheimer akan makin besar jika Milk Lovers mengonsumsi obat-obatan tersebut rutin selama 3 tahun. Sedangkan bagi mereka yang mengonsumsi obat-obat tersebut dengan dosis yang lebih tinggi, risikonya bisa meningkat hingga 54 persen.

Dengan kata lain, makin lama dan makin banyak Milk Lovers mengonsumsi obat-obatan tersebut, makin tinggi pula risiko serangan alzheimer di masa tua nanti. So, ketimbang mengandalkan obat tidur, mendingan konsumsi segelas susu hangat sebelum tidur. Lebih lezat, berkhasiat dan tentu saja aman. Selamat mencoba!