Anak remaja membutuhkan tidur setidaknya 6-7 jam per hari, sama seperti orang dewasa. Tentu saja karena tidur merupakan kebutuhan pokok, ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi jika Milk Lovers kurang tidur, salah satunya bisa menyebabkan kerusakan otak dan mengacaukan DNA kita.

Dalam penelitian yang dilakukan Trust Me I'm a Doctor, dan bekerjasama dengan tim peneliti dari Universitas Surrey, menemukan fakta jika anak remaja yang kurang tidur selama 1 jam semalam, dapat mempengaruhi aktivitas gen dan menyebabkan obesitas.

Jika terus dilakukan, kurang tidur yang terjadi dalam sepekan (1 minggu berturut-turut), dapat menyebabkan aktivitas metabolisme yang lambat, mengganggu mood, fokus yang mulai berkurang, hingga mengalami kerusakan otak secara perlahan.

Menurut Dr Simon Archer, peneliti dari University of Surrey, efek negatif yang terjadi pada tubuh akibat kurang tidur, disebabkan karena kesempatan tubuh dan otak untuk melakukan recovery makin sempit, sehingga sel-sel yang seharusnya dipulihkan, akan tetap dalam kondisi rusak.

Untuk memastikan hasil penelitian ini, yayasan Trust Me I'm a Doctor kembali melakukan penelitian lanjutan dengan topik yang sama. Hanya saja, untuk penelitian ini mereka bekerjasama dengan tim peneliti dari Universitas Oxford, Inggris.

Hasilnya tidak jauh berbeda. Menurut Daniel Freeman, profesor psikologi klinis di Universitas Oxford, kurang tidur dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk dalam merusak kesehatan otak dan mental.

Bahkan menurut Daniel, saat seseorang kurang tidur, selama terjaga dia akan kesulitan untuk menghindari pikiran-pikiran negatif. Tanpa sadar, pikiran negatif tersebut akan mempengaruhi kehidupannya, dan membuat kualitas hidupnya jadi menurun.

Dampak lainnya, mereka akan kesulitan untuk fokus pada sebuah masalah, sulit menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, sehingga mereka akan cenderung mengedepankan kontak fisik dan intimidasi untuk mengatasi permasalahannya.

Otak mereka pun akan tumpul. Makanya, tidak heran jika orang yang membaca hingga larut malam, akan kesulitan untuk menyimpan informasi yang dia baca, ketimbang mereka yang tidur cukup, dan melakukan aktivitas membaca di pagi hari.

Bagaimana Milk Lovers, ternyata menakutkan bukan? Jadi, sebelum terlambat. Sebaiknya penuhi kebutuhan tidur harian. Nggak lama kok, hanya 6-7 jam per malam saja.