Soda merupakan salah satu jenis minuman yang sangat mudah ditemukan. Mulai dari warung di pinggir jalan sampai restoran mewah, soda adalah jenis minuman yang bisa dinikmati di mana saja. Di Indonesia sendiri, soda bisa dinikmati sambil dicampur dengan susu kental manis, yang biasa dikenal sebagai minuman soda susu. Bahkan, ada juga minuman soda gembira yang merupakan campuran soda, susu, dan pemanis dari sirup. Selain segar dan lezat, minuman ini konon bisa membersihkan paru-paru.

Jadi, apakah benar bahwa soda susu punya manfaat untuk membersihkan paru-paru? Ternyata, jawabannya adalah tidak! Justru, kepercayaan bahwa minuman soda  susu bisa membersihkan paru-paru adalah sesuatu yang salah kaprah, alias sangat keliru.

Tidak mungkin minuman seperti soda bisa memenuhi paru-paru Milk Lovers dan membersihkannya dari berbagai kotoran tanpa ada masalah. Justru kalau ada cairan yang masuk ke dalam paru-paru, sekecil apapun jumlahnya, hal tersebut justru sangat berbahaya. Pasalnya, paru-paru jelas bukanlah tempat untuk cairan, dan idealnya soda susu yang dikonsumsi akan masuk ke dalam sistem pencernaan melalui kerongkongan.

Di samping itu, minuman bersoda malah memiliki berbagai efek yang merugikan tubuh. Berikut ini adalah beberapa bahaya utama dari minuman bersoda untuk tubuh.

  1. Meningkatkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Penelitian menunjukkan bahwa risiko serangan jantung dan stroke meningkat sampai 48 persen pada individu yang mengonsumsi minuman bersoda setiap hari, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali, atau tidak mengonsumsinya tiap hari.

  1. Menyebabkan Obesitas

Apakah Milk Lovers sudah tahu soal kandungan gula di dalam minuman bersoda yang sangat tinggi? Karena itu, tak heran jika minuman bersoda sering jadi salah satu penyebab utama obesitas yang dialami seseorang.

  1. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Selain obesitas, kandungan gula yang tinggi di dalam minuman soda juga bisa memicu terjadinya kerusakan pada gigi. Apalagi, minuman bersoda mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang semuanya sebenarnya adalah gula. Belum lagi, sifat soda yang asam dapat merusak enamel yang memberikan lapisan pelindung pada gigi.

  1. Meningkatkan Risiko Serangan Osteoporosis

Dalam sebuah penelitian, ditunjukkan adanya hubungan antara tingkat kepadatan mineral tulang yang rendah dengan konsumsi minuman bersoda. Hal ini lantas menyebabkan tingginya risiko osteoporosis pada seseorang.

Justru susu lebih baik dikonsumsi apa adanya, tanpa adanya tambahan gula yang terkandung di dalam minuman bersoda. Malah dengan mencampur susu dengan soda, segala kebaikan yang terdapat di dalam segelas susu justru akan rusak dan hilang. Efeknya, Milk Lovers hanya mengonsumsi kalori tanpa ada manfaat atau kebaikan lebih dari soda susu.

Nah, itulah penjelasan soal soda susu dan “manfaatnya” untuk membersihkan paru-paru. Semoga bermanfaat untuk Milk Lovers, ya!