Susu merupakan asupan yang sangat penting untuk ibu hamil. Semua nutrisi dalam susu ibu hamil akan sangat bermanfaat untuk janin di dalam rahim dan telah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil. Susu bahkan juga tidak hanya menjadi kebutuhan pelengkap tetapi juga kebutuhan pokok. Saat ini sudah banyak produsen susu yang menawarkan susu hamil dengan berbagai rasa dan variasi nutrisi yang cocok untuk kehamilan seperti omega 3 dan 6, EPA, DHA, Kolin, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika minum susu saat hamil:

Menjaga Fungsi Jaringan Otot, Kulit Mata, Jantung dan Hati

Jaringan di dalam tubuh seorang ibu hamil dan janin sangat rentan mengalami kerusakan. Jadi kualitasnya perlu dijaga dan diperbaiki jika mengalami masalah, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu. Kandungan protein dalam susu diketahui dapat mengatasi masalah tersebut.

Menjaga Kualitas Air Ketuban

Susu yang khusus untuk ibu hamil juga dilengkapi dengan manfaat untuk membantu meningkatkan kualitas air ketuban ibu hamil. Menurut beberapa penelitian, air ketuban dengan kualitas yang buruk dapat berpengaruh terhadap kesehatan janin.

Memperbaiki Plasenta

Plasenta merupakan satu – satunya jalan makan yang menyalurkan nutrisi dari ibu hamil ke janin. Dengan mengkonsumsi susu hamil yang mengandung protein cukup, kualitas plasenta akan tetap terjaga.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Seorang wanita dengan keadaan normal atau tidak hamil memerlukan asupan 60 gram protein. Jika sedang hamil, maka asupan protein yang diperlukan harus lebih banyak yaitu sekitar 80 gram. Jika protein hanya diperoleh dari konsumsi makanan, asupan yang dibutuhkan tidak akan mencukupi. Oleh sebab itu, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah minum susu. Kandungan protein dalam susu dapat meningkatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Membantu Memperkuat Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi adalah aset yang sangat penting untuk ibu hamil maupun janin. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu dapat memperkuat tulang dan gigi mereka. Bila asupan kalsium tersebut cukup banyak, asupan tersebut dapat menjadi cadangan untuk merawat tulang dan gigi hingga dewasa serta mencegah terkena osteoporosis.

Melancarkan Asi

Seorang wanita yang baru saja melahirkan perlu memberikan ASI yang cukup untuk buah hatinya. Minum susu saat hamil dapat menjadi salah satu cara untuk menyiapkan diri agar produksi ASI setelah persalinan nanti dapat memenuhi kebutuhan si kecil. Dengan ASI yang lancar, si kecil tentu akan tumbuh dengan sehat dan normal.