Minuman beralkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk kesehatan, salah satunya bisa memengaruhi kinerja sistem saraf pusat yang berada di otak. Sistem saraf pusat sendiri bertugas untuk memastikan tubuh menjalankan fungsinya dengan baik.

Saat Milk Lovers sering mengonsumsi minuman beralkohol, ada beberapa efek buruk terhadap otak yang mungkin bisa terjadi, diantaranya adalah :

Susunan Kimia Otak Berubah

Efek relaksasi yang ditimbulkan akibat konsumsi alkohol ternyata dihasilkan oleh adanya perubahan kimia di otak. Jika terus terjadi, efek menenangkan ini akan berubah hingga mengeluarkan respons berani. Hal inilah yang membuat pecandu minuman beralkohol cenderung berperilaku agresif.

Gangguan perilaku ini tidak hanya terjadi saat Milk Lovers berada di bawah pengaruh alkohol, tapi akan terus terjadi meskipun dalam kondisi sadar.

Meningkatkan Risiko Gangguan Mood

Dalam jangka panjang, konsumsi minuman beralkohol bisa mengganggu kestabilan neurotransmiter. Kondisi ini tidak hanya mendorong perilaku agresif, tapi juga bisa menyebabkan gangguan mood, yang berujung kepada meningkatkan risiko stres dan depresi.

Parahnya lagi, gangguan mood akibat sering minum alkohol ini pun bisa menyebabkan otak sulit mengatur waktu untuk tidur, dan keseimbangan energi dalam tubuh.

Memicu Psikosis dan Perilaku Berisiko

Sebenarnya otak punya mekanisme sendiri untuk mencegah perilaku berisiko yang dapat membahayakan diri sendiri. Tapi sayang, kemampuan ini bisa terganggu karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Kondisi inilah yang membuat banyak pencandu minuman alkohol tidak bisa berpikir jernih dan cenderung melakukan hal-hal yang berbahaya, misalnya saja mengemudi ugal-ugalan, bertindak rese, berhubungan seks tanpa pengaman, dan berani untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Kerusakan Otak Parah

Jika terus dibiarkan, konsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan kerusakan otak yang sangat parah, contohnya kemampuan berpikir yang melambat. Selain itu, konsumsi alkohol pun bisa merusak memori, yang membuat Milk Lovers sulit untuk mencerna dan mengingat informasi.

Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin akan berkembang jadi kerusakan otak permanen, dan meningkatkan risiko gangguan mental. Sangat mengerikan bukan? So, mulai sekarang berhentilah mengonsumsi minuman berbahaya yang satu ini!